Penumpang PT Pelni Naik 3 Persen Imbas Laka Lion

Baehaqi Almutoif

Selasa, 11 undefined 2018 - 09:59

JATIMNET.COM, Surabaya - Kepala Kantor Cabang PT Pelni, Presda Simangasing menyebutkan tragedi kecelakaan pesawat di laut Jawa Barat beberapa bulan lalu berpengaruh terhadap peningkatan penumpang.

"Ada kenaikan tidak signifikan kemarin, Lion (yang jatuh di perairan Karawang). Kurang lebih kenaikan 3 persen dibanding tahun sebelumnya," ujar Presda saat dihubungi Jatimnet.com, Selasa 11 Desember 2018.

Selama tahun ini hingga November, volume penumpang tercatat 110 ribu orang. Presda optimis tutup tahun nanti jumlahnya dapat menyentuh 123 ribu lebih. Angka tersebut sebenarnya tak terpaut jauh dari tahun lalu, yakni 120 ribu penumpang.

Meski kenaikan tidak signifikan, namun cukup menjadi angin segar jika dibandingkan dua tahun lalu. Menurut Pria yang menghabiskan masa kecilnya di Sidoarjo itu, jumlah penumpang ada penurunan 5 persen dari 2016 ke 2017. "Banyak perluasan bandara tahun lalu, jadi menurun jumlah penumpang," urainya.

BACA JUGA: Pelni Surabaya Optimis Volume Penumpang Naik 5 Persen

Untuk menjaga persaingan dengan pesawat, Presda mengatakan, terus menjaga sistem keselamatan pesawat. Kepercayaan dari penumpang yang memilih kapal laut karena dianggap aman harus dibalas dengan standard operasional.

Salah satunya menyediakan skoci dan pelampung yang sesuai spesifikasi serta jumlah penumpang. Kemudian soal stabilitas kapal, Presda memastikan bahwa kapal milik PT Pelni cukup bagus. Semakin banyak penumpang, stabil kapalnya. Hal ini juga berpengaruh pada kepercayaan penumpang.

"Pesawatkan terbatas, kapal laut tidak. Itu juga keunggulan kita dibanding pesawat. Karenanya keselamatan berlayar paling utama yang harus diperhatikan," ungkapnya.

Baca Juga

loading...