Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

Pelni Surabaya Optimis Volume Penumpang Naik 5 Persen

Baehaqi Almutoif

Senin, 10 undefined 2018 - 15:13

JATIMNET.COM, Surabaya – PT Pelni Cabang Surabaya memperkirakan peningkatan penumpang pada libur Natal dan tahun baru 2018-2019 sebesar 5 persen dibanding tahun lalu.

Kepala Cabang PT Pelni Surabaya Presda Simangasing kepada Jatimnet.com mengatakan lonjakan penumpang diperkirakan pada tanggal 19 Desember 2018 dan 3 Januari 2019 yang merupakan puncak libur dan memulai masuk sekolah.

“Puncak pada transportasi laut di Tanjung Perak akan terjadi pada 19 Desember yang sudah memasuki liburan sekolah, sedangkan arus balik nanti akan terjadi puncaknya pada 3 Januari 2019, yang merupakan akhir liburan,” ujar Presda, Senin 10 Desember 2018.

Guru besar karate itu menambahkan arus mudik dan balik akan terjadi perbedaan volume penumpang. Pada puncak arus balik nanti diperkirakan akan lebih banyak dibanding pada saat arus mudik.

Catatan selama peak season Natal dan tahun baru periode tahun lalu berbeda antara periode Desember 2017 dengan Januari 2018. Pada bulan Desember 2017 jumlah penumpang mencapai 8.462 orang dan Januari 2018 mencapai 9.215 orang. Perbedaan ini ditengarai karena arus balik banyak yang menggunakan kapal laut.

“Kenaikan volume penumpang tidak terlalu signifikan dibanding lebaran, karena liburan sekolah tidak terlalu lama. Tapi tahun ini kami tetap optimis naik 5 persen,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pelni Angkut 8.000 Ton Aluminium Produksi Inalum

Presda menjelaskan tujuan favorit sepanjang liburan Natal dan tahun baru ini adalah adalah Indonesia Timur. Kota-kota di Nusa Tenggara Timur, seperti Kupang, Ende dan Maumere menjadi pilihan favorit. Sementara Papua dan Ambon diperkirakan tidak terlalu signifikan kenaikannya dibanding bulan-bulan biasa.

“Kita sudah siapkan 14 kapal, dan itu yang biasa beroperasi. Saya rasa tidak perlu ditambah, karena jumlah itu saja sudah cukup untuk melayani liburan akhir tahun. Di kami libur Natal dan tahun baru tidak seperti lebaran. Libur lebaran banyak peningkatannya karena bersamaan dengan libur sekolah,” urainya.

Kendati demikian, Presda optimis libur Natal dan tahun baru kali ini berjalan lancar. Cuaca yang sudah memasuki musim hujan tidak begitu berpengaruh. “Kapal kita semakin stabil kalau isinya banyak. Karenanya cuaca tidak begitu mempengeruhi,” tandasnya.

Baca Juga

loading...