Pengamat Hukum Nilai Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani sudah Sesuai

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 27 Februari 2019 - 12:18

JATIMNET.COM, Surabaya – Pengamat hukum I Wayan Titip Sulaksana menilai upaya pengajuan penangguhan penahanan yang dilakukan Ahmad Dhani sudah sesuai.

Pengajar di Universitas Airlangga (Unair) itu menilai status politisi sekaligus musisi itu belum inkrah sebagai narapidana. Terlebih upaya yang diajukan kuasa hukum Ahmad Dhani itu tidak melanggar hukum dan sesuai dengan undang-undang.

“Bagaimana pun itu adalah hak semua tersangka yang ditahan untuk mengajukan penangguhan penahanan,” kata Wayan Titip, Rabu, 26 Februari 2019.

Ahmad Dhani saat ini masih menjalani proses persidangan dengan kasus ujaran kebencian atau hate speech . Namun untuk mengajukan penangguhan penahanan ada beberapa syarat yang harus dilalui. Menurut Wayan Titip.

BACA JUGA: Kubu Prabowo Manfaatkan Status Dhani Sebagai Tahanan Titipan

“Tersangka dijamin tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, dan yang pasti siap menjalani proses persidangan atau tidak menghambat jalannya persidangan,” katanya.

Namun pengajuan penangguhan penahanan itu kembali kepada hak majelis hakim. Menurutnya, hakim memiliki kewenangan untuk memutuskan diterima atau tidaknya penangguhan penahanan seorang terdakwa.

Ahmad Dhani, menurut Wayan Titip, bisa meniru langkah yang ditempuh Setya Novanto. Mantan Ketua DPR RI itu tengah mengajukan penangguhan penahanan di sela menjalani proses banding. Sebab sejauh ini belum ada putusan inkrah yang menjeratnya dalam kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik itu.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Menangis Di Hari Ulang Tahun Shafeea

“Hanya saja hakim menolaknya. Sehingga Setya Novanto tetap berada di dalam penjara. Itu (pengajuan penangguhan penahan) terserah hakim untuk memutuskannya,” katanya.

Sebelumnya, kuasa hukum Ahmad Dhani Prasetyo sudah mengirimkan permohonan penangguhan penahanan kepada Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta pada 11 Februari 2019.

Ada beberapa tokoh politik yang dijaminkan untuk penangguhan penahanan Ahmad Dhani. Nama-nama itu adalah Calon Presiden Prabowo Subianto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, pendiri PAN Amien Rais, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, dan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Baca Juga

loading...