Pendatang di Surabaya Memilih Pakai Surat Suara Cadangan

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 16 April 2019 - 13:10

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemilih pendatang yang mengurus pindah pilih di Kota Surabaya, akan mencoblos menggunakan surat suara cadangan. Kota Surabaya kebagian 42.780 surat suara cadangan, untuk Pemilu 2019.

Jatah itu didapat lantaran jumlah pemilih tetap di Kota Surabaya sebanyak 2.135.391 orang. Jumlah surat suara cadangan ditetapkan dua persen dari jumlah pemilih tetap.

"Dengan total pemilih tersebut, Kota Surabaya masih bisa menampung dan memiliki surat suara untuk pendatang," kata Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan dan Data Robiyan Arifin saat diwawancarai melalui telepon, Selasa 16 April 2019.

Jumlah pendatang yang megurus pindah pilih di Kota Surabaya mencapai 16.503 pemilih.

BACA JUGA: Ribuan Surat Suara Disebrangkan dari Probolinggo ke Gili Ketapang

Sehingga, surat suara cadangan bisa memenuhi kebutuhan pemilih pendatang yang sudah mendaftar.

Ia juga menjelaskan, agar masyarakat yang sudah mempunyai form A5 bisa langsung datang ke TPS masing-masing sesuai wilayah kerja atau domisilinya.

"Baik ngekos maupun kontrak. Tapi memang ada yang belum masuk daftar di lampiran daftar pemilih (A4)," katanya.

Pemilih belum masuk ke daftar A4, lantaran baru mengurus ketika perpanjangan pada 1-10 April 2019 lalu, lanjut Roby. Jadi pemilih dengan form A5 bisa menuliskan namanya di Form A4, secara manual. 

BACA JUGA: Bawaslu Surabaya Bentuk Tim Saber Politik Uang

Berdasarkan data yang diterima Jatimnet.com selama perpanjangan pengurusan A5, KPU Kota Surabaya  menampung 2.682 pendatang yang meliputi DPTb tahanan 52 orang , DPTb sakit 24 orang, DPTb bencana 3 orang, dan DPTb pekerja atau bertugas sebanyak 2.613.

Baca Juga

loading...