Pemprov Jatim Jajal Anjungan Cerdas untuk Arus Mudik-balik Ruas Trenggalek-Ponorogo

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 6 Juni 2019 - 20:34

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur tengah mengujicobakan rest area di jalan non-tol untuk arus balik-mudik 2019. Rest area yang diberi nama Anjungan Cerdas ini meniru Jepang yang berkonsep Michi No Eki atau stasiun tepi jalan.

Konsep rest area yang ditempatkan di jalan non-tol ini akan ditempatkan di rute jalan nasional, Trenggalek-Ponorogo. Di dalam Anjungan Cerdas ini akan banyak fasilitas seperti ATM, restoran, SPBU, toilet, dan fasilitas lainnya. 

“Rest area bukan hanya di jalan tol, namun juga di jalan non-tol. Konsep ini memberi pengendara untuk beristirahat setelah mengemudi berjam-jam,” kata Kepala Bakorwil Madiun Pemprov Jatim Gatot Gunarso, selaku koordinator pelaksana uji coba rest area Anjungan Cerdas, Kamis 6 Juni 2019.

BACA JUGA: Ini Dua 'Jalur Tengkorak' di Ponorogo, Pemudik Diimbau Waspada

Anjungan ini telah selesai dibangun Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR. Gatot mengungkapkan Anjungan Cerdas ini memiliki panorama pegunungan dan Bendungan Tugu, yang masih dalam proses penyelesaian.

“Anjungan ini bukan hanya menjadi tempat peristirahatan pengguna jalan, tetapi juga akan menjadi pusat inkubasi ekonomi kawasan Gunung Wilis dan sekitarnya di Jawa Timur,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, pembangunan Anjungan Cerdas ini menelan biaya konstruksi sekitar Rp 70 miliar. Sementara saat ini bendungan Tugu masih pada tahap konstruksi.

BACA JUGA: Kisah Relawan Mudik, Bekerja untuk Biayai Adik Sekolah

Pada musim Lebaran tahun ini, lanjut Gatot, Pemprov Jatim bekerja sama dengan kepolisian. Yakni memanfaatkan lahan outdoor di Anjungan Cerdas untuk dijadikan posko istirahat.

“Nantinya akan banyak spot selfie dengan berbagai latar belakang, baik alam maupun arsitekturnya. Untuk sementara saat ini masih diujicobakan sebagai posko istirahat mudik,” katanya.

Anjungan Cerdas ini terletak di km 16-18 jalan nasional Trenggalek-Ponorogo dengan luas 4,2 hektar. Dikutip dari pu.go.id, kontraktor Anjungan Cerdas Bendungan Tugu adalah PT Istaka Karya–Metro Lestari Utama-Pola Kendali Nusantara-Bita Enarcon Engineering KSO.

“Uji coba pelayanan posko mudik untuk arus balik ini atas arahan ibu Gubernur (Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa) dan bapak Wakil Gubernur (Emil Dardak),” Gatot memungkasinya.

Baca Juga

loading...