Pemkot Surabaya Mulai Perlebar Jalan Menuju Stadion GBT

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 1 Maret 2019 - 23:30

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melebarkan jalan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk mengatasi kemacetan ketika pertandingan Persebaya Surabaya digelar.

"Kami akan perlebar jalan masuk menuju home base Persebaya sepanjang 100 meter," kata Kepala Bappeko Surabaya, Ery Cahyadi saat ditemui di Stadion GBT, Jumat 1 Maret 2019.

Saat ini, pelebaran jalan tersebut sedang dalam tahap pengurukan di atas tanah milik pemkot selebar 100-400 meter.

Ery menjelaskan, jika pelebaran jalan tersebut untuk pintu masuk stadion yang akan dibagi menjadi beberapa akses. Yakni untuk motor, mobil, pejalan kaki dan juga penambahan parkir motor.

BACA JUGA: Bench Pemain di Stadion GBT Sudah Terpasang

“Jadi nanti akan terbagi akses mobil, sepeda motor sisanya orang berjalan. Jadi terpisah nanti dengan orang berjalan beda dengan aksesnya mobil,” ujarnya.

Sebelumnya, akses menuju pintu gate stadion ini memang kerap menjadi satu sorotan. Karena setiap pertandingan yang hampir melibatkan 30 hingga 50 ribu soporter sellau terjadi macet. “Kemarin karena aksesnya itu bercampur,” ujarnya.

Target penyelesaian pengurukannya diperkirakan bisa rampung akhir bulan ini. Ery berharap mobil yang masuk akan memiliki akses yang luas dan keamanannya terjamin.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso mengatakan, proyek renovasi GBT sendiri mengeluarkan biaya Rp 10 miliar.

BACA JUGA: Persebaya Boyong 24 Pemain ke Bandung Ikuti Piala Presiden

"Kami mengadopsi perbaikan ini dari GBK, dan kami taksir akan menghabiskan biaya sekitar 10 miliar untuk pagar, toilet, papan skor, hingga lampu dan jalan masuk ke stadion," kata Edy.

Namun, proses renovasi GBT saat ini masih ada kendala. Yakni proses lelang yang belum tuntas, sehingga membuat pengerjaan sedikit terhambat.

"Kami berencana melebarkan jalan masuk, dan akan membuat jalan khusus mirip seperti di GBK, cuma proses lelang yang belum selesai," tambahnya.

Untuk targetnya sendiri, Edy memprediksi sebelum kompetisi Liga 1 dimulai pada akhir April mendatang, proses renovasi Stadion GBT sudah rampung. "Target semua lelang cepat selesai, agar kompetisi berjalan semua sudah rampung," katanya.

Baca Juga

loading...