JATIMNET.COM, Morotai - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mencoba kecepatan jaringan Palapa Ring Tengah di lokasi NOC Palapa Ring Paket Tengah di Desa Muhajirin Baru, Morotai, Maluku Utara, Rabu 2 Januari 2019.

Palapa Ring Paket Tengah telah rampung 100 persen pada 21 Desember 2018 lalu.

Dalam uji coba itu Rudiantara melakukan video call dengan Menteri Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta.

Menurut Rudiantara pemanfaatan Palapa Ring Paket Tengah akan semakin optimal dengan adanya sinergi antar kementerian/lembaga. Bahkan, ke depan Pemerintah akan segera menghubungkan seluruh desa dengan internet.  

BACA JUGA: Akses Internet Jangkau 2.451 Lokasi di Daerah Tertinggal

“Bisa dibayangkan ke depan, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan tiga kepala desa sekaligus dari 75.000 kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Rudiantara menyapa Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad Kolonel Pnd Prasetiya Halim di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau melalui sambungan video call.  

"Akses internet di Lanud Raden Sadjad  menggunakan layanan Palapa Ring Paket Barat yang telah on air sejak Maret 2018," jelas Menteri Kominfo dalam laman resmi menkominfo.go.id.

BACA JUGA: Ada Penyakit Mengintai Pengguna Internet, Berhati-hatilah

Rudiantara menuturkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring yang dilakukan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan bentuk saling komplemen antara operator dengan BAKTI.  

“Dimana operator pada umumnya fokus di daerah yang dianggap visible secara bisnis. Sedangkan BAKTI fokus di daerah yang tidak visible secara bisnis, dan dianggap tidak ada return,” ujarnya.

Di akhir kunjungannya di Morotai, Menteri Rudiantara melakukan voice call menyapa Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh guna mencoba jaringan 2G yang baru dibangun BAKTI bersama mitra di Desa Waringin, Morotai.