Pemkot Siapkan Pelatihan Pengelolaan Dana Kelurahan

Khoirotul Lathifiyah

Rabu, 9 Januari 2019 - 18:11

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merencanakan pembinaan lurah dan jajarannya terkait penyaluran dana kelurahan agar dapat dikelola dengan baik.

“Kami sedang menyiapkan pelatihan untuk teman-teman di kelurahan. Terus terang pengelolaan dana ini rawan,” kata Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat dijumpai usai acara Senarai Kontestasi dari Pemilu 2019 hingga Pilwali Surabaya 2020 di Hotel Yello, 9 Januari 2019.

Pembinaan ini diharapkan agar kelak dalam pelaksanaan penggunaan dana kelurahan bisa teratur dan tidak ada permasalahan hukum.

Menurutnya, materi training (pelatihan) yang akan diberikan menyangkut pengurusan berkas serta sosialisasi program dana kelurahan.

BACA JUGA: Pemkot Diingatkan Payung Hukum Dana Kelurahan

Whisnu menambahkan bahwa saat ini pemkot juga terus melakukan konsultasi ke pemerintah pusat tentang dana kelurahan. Karena, pemerintah pusat dan petunjuk teknis dana kelurahan saat ini belum keluar.

“Info yang kami dapatkan, dana kelurahan akan cair sekitar bulan Mei 2019. Jadi sampai saat ini belum ada juknisnya. Nah di aturan ini akan memuat peruntukan dana kelurahan untuk apa saja, dan juga batasannya,” kata Whisnu.

Bungsu dari tiga bersaudara itu menegaskan akan merealisasikan penggunaan dana kelurahan setelah juknis turun dari pemerintah pusat. Selain itu, Pemkot Surabaya juga sudah memiliki rumus penyaluran dana kelurahan.

“Besarannya dana kelurahan adalah 5 persen dari APBD dikurangi Dana Alokasi Khusus. Angkanya sekitar Rp 450 miliar yang kemudian dibagi di setiap kelurahan,” tutupnya.

Baca Juga

loading...