JATIMNET.COM, Surabaya – Salah satu alasan banyaknya smartwatch yang tidak begitu dilirik adalah masalah daya tahan baterai. Mayoritas pengguna masih disibukkan mencari listrik untuk mengisi daya.

Kekhawatiran tiba-tiba jam tangan mati pada saat di tengah aktivitas sangat mengganggu. Pada saat bersamaan pemilik ingin jam tangan pintarnya tetap terhubung dengan telepon seluler agar tetap bisa berkomunikasi.

Tantangan itu akan terjawab. Matrix baru saja melahirkan jam tangan pintar bertenaga surya yang diberi nama Matrix PoweerWatch 2. Sebelumnya Matrix terlebih dahulu memperkenalkan jam tangan menggunakan termokopel.

BACA JUGA: Samsung Rancang Produksi Jam Tangan Dengan Nama Pulse

Dikutip dari Ubergizmo, 6 Januari 2019, sel surya ditempatkan di bawah tampilan jam tangan pintar. Seperti halnya tenaga surya lainnya, sel yang ada di baterai akan menyimpan tenaga surya tersebut untuk menggerakkan jam tangan.

Kecuali jika pemiliknya sehari berada di dalam rumah, harus mencari energi matahari untuk menjaga jam tangan tetap beroperasi.

Smartwatch ini memiliki fitur standar, diantaranya pemantauan detak jantung, GPS, dan bahkan akan ada tampilan berwarna.

Matrix PowerWatch 2 telah diluncurkan di Indiegogo dengan harga 200 dolar Amerika Serikat (Rp 2,8 juta) dan 499 dolar AS (Rp 7 juta). Matrix PowerWatch 2 dilaporkan sudah dipamerkan dalam Cunsomer Electronic Show (CES) di Las Vegas, 8-11 Januari 2019.