Wah! Aliran Dana Prostitusi Capai Rp 2,8 Miliar

M. Khaesar Januar Utomo

Kamis, 10 Januari 2019 - 17:14

JATIMNET.COM, Surabaya – Cukup mengejutkan salah satu barang bukti yang ditemukan polisi dalam mengungkap praktik prostitusi daring. Bukti itu adalah adanya aliran dana dari buku tabungan yang dipegang Endang Sutantri, yang membawahi 45 artis.

Diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan bahwa buku tabungan atas nama Endang Sutantri itu ditemukan aliran dana sebesar Rp 2,8 miliar.

“Uang itu hasil transaksi selama setahun, yakni terhitung mulai 3 Januari 2018 hingga 5 Januari 2019 yang besarannya mencapai Rp 2,8 miliar,” kata Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Kamis, 10 Januari 2019.

BACA JUGA: Begini Catatan Hitam Industri Prostitusi Online Kelas Atas

Luki Hermawan menambahkan uang itu kemudian didistribusikan ke sejumlah artis, termasuk lima orang artis yang akan dipanggil Polda Jatim untuk dimintai keterangan.

“Uang itu kami duga semuanya hasil prostitusi daring. Aliran dananya ada semua,” tegas pria yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri itu.

Sementara itu, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Akhmad Yusep Gunawan mengatakan dari barang bukti yang didapatkan, polisi bisa menerapkan pasal yang akan disangkakan kepada kedua muncikari ini.

BACA JUGA: Artis-Artis Top Ini Juga Pernah Terserempet Kasus Prostitusi

“Dari barang bukti yang ada, kami bisa menyimpulkan bahwa prostitusi ini dijalankan sangat rapi dan sempurna," jelasnya.

Polisi juga sudah mendapatkan bukti bukti penguat yang nantinya dibutuhkan untuk memanggil lima artis. Bukti pendukung itu antara lain komunikasi aktif antara pihak penyedia jasa layanan prostitusi maupun pemberi jasa.

“Dua muncikari yang kami tangkap ini hanya mendapatkan 15 persen. Sedangkan sisanya masuk ke artis yang di-booking (dipesan) penerima layanan prostitusi," tutup Yusep.

Baca Juga

loading...