D-Link Luncurkan Router DWR-2010 

Rochman Arief

Minggu, 6 Januari 2019 - 22:03

JATIMNET.COM, Washington - Dalam dua tahun terakhir ini rencana penggunaan jaringan 5G begitu kencang. Bahkan sejumlah perusahaan smartphone telah berancang-ancang menyiapkan jaringan 5G. Begitu juga dengan sejumlah perusahaan telekomunikasi tak mau ketinggalan dengan menyiapkan perangkatnya.

Memang sejauh ini belum banyak industri telekomunikasi yang sudah menerapkan jaringan 5G. Rata-rata perusahaan besar sudah menunjukkan business plan (rencana bisnis) dalam waktu dekat.

D-Link misalnya, menyatakan broadband 5G sebagai upgrade terbesar. Perusahaan ini telah menyiapkan salah satu opsi sebagai perangkat WiFi router. Dikutip dari engadget, 4 Januari 2019 D-Link telah menyiapkan satu perangkat DWR-2010 5G NR.

Perangkat ini telah mendukung penerapan jaringan 5G. Namun penggunanya membutuhkan kartu SIM dan paket data yang kompatibel dengan 5G, serta listrik sebagai pasokan utama sumber dayanya.

BACA JUGA: Microsoft Umumkan Teknologi Streaming Game Project XCloud

Router ini diklaim lebih maju untuk menyiarkan sinyal 5G di seluruh ruang. Perangkat ini juga mendukung VoLTE dan juga kompatibel dengan sistem WiFi Mesh. D-Link menjamin jaringan yang dihasilkan mampu mencakup area blank spot sekalipun.

Router ini dapat memberikan kecepatan mencapai 3Gbps, yang tampaknya 40 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan broadband tetap di Amerika Serikat. Memang belum ada pernyataan resmi kecepatan untuk mengunggah video 4K maupun HD.

Sejauh ini Belum ada kabar tentang harga router tersebut. Router ini rencananya akan dirilis pada paruh kedua tahun ini dan diharapkan bisa menjadi revolusi teknologi jaringan telekomunikasi.

Baca Juga

loading...