Mudik ke Solo, Jokowi Sarapan Soto dan Blusukan Pasar

Beli blewah, kesemek dan jajanan tradisional
David Priyasidharta

Minggu, 9 Juni 2019 - 23:29

JATIMNET.COM, Solo - Presiden Joko Widodo mengakhiri libur lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Minggu 9 Juni 2019 di kampung halamannya di Kota Solo, Jawa Tengah. Bersama keluarganya, Jokowi, sapaan Presiden Joko Widodo ini menjajal kuliner soto di kedai Soto Triwindu di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo.

Mobil yang ditumpangi Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 09.20 WIB. Melihat kedatangan Presiden, masyarakat sekitar dan pengunjung kedai soto langsung berebut untuk bersalaman.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kedua putra Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantu Selvi Ananda, serta cucu pertama Jan Ethes Srinarendra telah tiba terlebih dahulu di kedai soto.

BACA JUGA: Ketika Jokowi Kepo Momentum Presiden Erdogan Memeluk Firdaus Syamsuri

Presiden langsung bergabung dengan keluarga, duduk sederetan dengan Ibu Iriana dan Kaesang. Sementara Jan Ethes duduk di depannya, diapit kedua orang tuanya.

Tampilan kedai soto Triwindu tergolong cukup sederhana, demikian juga dengan harga makanan yang disajikannya. Hal unik dari kedai yang berdiri sejak 1939 ini adalah deretan kursi-kursi kecil yang menghadap meja panjang.

BLUSUKAN PASAR. Presiden Jokowi dan keluarga mengunjungi kios di Pasar Gede Solo. Di kios ini Presiden membeli beberapa penganan ringan, seperti cabuk dan rambak. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Di bagian tengah meja panjang tersebut terdapat sebuah etalase mini yang di dalamnya terdapat piring-piring berisi aneka macam lauk pauk untuk menemani menyantap soto, mulai dari empal, tahu, tempe, perkedel, bakwan, dan lentho.

Usai sarapan bersama di kedai Soto Triwindu, Jokowi beserta keluarga langsung mengunjungi Pasar Gede Solo. Pasar induk terbesar di Solo itu terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Surodiprajan, Solo.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Siap Bekerja Sama dengan Prabowo

Waktu menunjukkan pukul 09.57 WIB saat Presiden tiba di Pasar Gede. Kedatangannya itu menambah riuh kondisi pasar yang sedang ramai oleh pengunjung. Tak sedikit pembeli dan penjual yang menghampirinya untuk bersalaman dan berswafoto.

Jokowi kemudian berjalan masuk dan langsung menuju blok pasar yang menjual jamu, sayur, dan makanan tradisional. Sementara Ibu Iriana singgah di kios yang menjual alat dapur untuk membeli beberapa perkakas tradisional, seperti ulekan dan centong nasi.

BLUSUKAN. Jokowi berada di kios buah di dalam Pasar Gede Solo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden (Muchlis Jr)

Di kios buah, Jokowi membeli salak sebanyak empat kilogram, jeruk sebanyak dua kilogram, blewah, hingga kesemek. Sementara kedua putra Presiden kompak membeli pisang.

BACA JUGA: Bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Begini Harapan Habibie

Presiden dan keluarga kemudian mengunjungi kios yang menjual es dawet. Penjual pun langsung memberikan semangkuk es dawet untuk dicoba oleh keluarga Presiden. Ibu Iriana yang mencicipinya, langsung memutuskan untuk membeli es dawet beberapa kantong.

Tak sampai di situ, Presiden dan keluarga lalu mengunjungi kios yang menjual makanan tradisional. Di kios ini Presiden membeli beberapa penganan ringan, seperti cabuk dan rambak.

Setelah sekitar 30 menit berkeliling pasar dan berbelanja, Presiden dan keluarga berjalan meninggalkan pasar.

Baca Juga

loading...