Moeldoko Konsolidasi dengan Forkopimda Jatim dan Sesepuh NU 

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Sabtu, 9 Maret 2019 - 19:29

JATIMNET.COM, Surabaya – Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) yang juga Kepala Staff Kepresidenan Jenderal TNI (pur) Moeldoko hadir bersama Forkopimda Jawa Timur bersama beberapa kiai sepuh NU di Surabaya, Sabtu 9 Maret 2019.

Kedatangan mantan Panglima TNI dalam pertemuan tertutup itu menjalankan misi ganda. Misi pertama sebagai Kepala Staff Kepresidenan untuk menyampaikan kinerja pemerintah selama 4,5 tahun, dan juga Ketua Harian TKN.

"Kaitannya dengan 01 (Capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin) itu otomatis, karena satu untuk melihat pemimpin ke depan adalah orang yang sudah punya pengalaman mengelola pemerintahan," ujar Moeldoko.

Dalam kaitan misi pertama itu mengindikasikan seluruh kepala daerah di Jatim sudah sepakat mendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dia tidak menampik jika indikator tersebut mengarah ke sana.

BACA JUGA: Moeldoko Ancam Keluarkan Mainan Jika Hoaks Masih Dimainkan

“Khofifah (Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa) datang bersama Soekarwo. Saya kira itu indikator, itu sudah jelas,” sebut pria kelahiran Kediri sembari tertawa.

Pada acara yang digelar tertutup di salah satu hotel itu memang terlihat hadir sejumlah tokoh. Selain Khofifah Indar Parawansa dan Soekarwo, hadir pula Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Soekarwo Saifullah Yusuf, dan beberapa ulama sepuh NU.

“Presiden memiliki program yang jelas dan terbukti, dengan penyelengaraan program infrastruktur maupun jaminan sosial ke masyarakat miskin,” bebernya.

Kedatangan mantan orang nomor satu di jajaran militer itu sebagai kepala staff. Meski demikian, dalam komunikasi politik, dia menyampaikan apa yang harus dilihat masyarakat dalam memilih calon pemimpin.

BACA JUGA: Di Banyuwangi, Jenderal Moeldoko Ngopi dan Main Musik Lesung

Bertemunya tokoh Jatim dengan TKN sebenarnya tidak mengherankan. Pasalnya, sudah sejak lama pemimpin Jatim diketahui secara tersirat mengarahkan dukungannya ke capres nomor urut satu itu.

Khofifah misalnya, ia diketahui sebelum dilantik sebagai Gubernur Jatim telah aktif di Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN). Arah dukungan JKSN jelas kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Begitu dengan Emil Dardak. Mantan Bupati Trenggalek pernah terlihat mengahadiri Deklarasi Milenial Alumni SMA/SMK se-Surabaya pada Capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sementara Soekarwo telah aktif di Posko Joko Widodo-Ma'ruf Amin-Pak De Karwo atau Jowo. Meski tidak mengakui dan menyebut teman dekatnya yang aktif, namun ia tak menampik jika turut mendukung posko tersebut.

Baca Juga

loading...