JATIMNET.COM, Surabaya - Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger dilaporkan sehat setelah menjalani prosedur penggantian katup jantung awal pekan ini di New York.

Dilansir dari  Billboard.com, Sabtu 6 April 2019, sebuah sumber mengatakan dokter berhasil mengganti katup jantungnya dan memantau kondisinya agar tidak ada komplikasi yang dapat ditimbulkan dari prosedur yang ia jalani.

"Mick Jagger telah berhasil menjalani perawatan. Dia melakukannya dengan sangat baik dan diharapkan akan pulih sepenuhnya," kata perwakilan Jagger.

BACA JUGA: Berusia 25 Tahun, GIGI Rencanakan Gelar Konser Musik

Penyanyi 75 tahun menjalani prosedur transcatheter aortic valve replacement (TAVR). Ini adalah tindakan invasif minimal pada stenosis katup aorta berat. Prosedur ini biasanya jadi pilihan bagi pasien usia lanjut.

Prosedur minimalis ini juga memungkinkan dokter mengganti katup jantung menggunakan kateter berupa tabung tipis dan fleksibel, digunakan untuk menanam katup aorta pada jantung yang berdetak tanpa harus membelah dada Jagger.

Jagger juga sudah mencuit soal kesehatannya pasca operasi. Dia mengatakan merasa lebih baik dan dokter telah bekerja dengan baik dan mengucapkan banyak terima kasih atas kerja kerasnya. “Terima kepada semua atas dukungannya kepadaku,” cuit Jagger di akun Twitter @MickJagger. 

Jagger diharuskan beristirahat selama empat hingga lima hari sehingga arteri dapat sembuh tanpa masalah perdarahan yang parah. Tapi masih membutuhkan waktu tambahan untuk pulih dan memastikan bisa tampil kembali ke atas panggung.

BACA JUGA: Konser Gamelan di Selandia Baru untuk Peringati Sepekan Penembakan 

Pada 31 Maret 2019 lalu, The Rolling Stones mengumumkan menjadwal ulang tur "No Filter" di Amerika Utara untuk memberi kesempatan bagi Jagger menjalani operasi. 

Jagger telah mengumumkan di Twitter pada hari Sabtu bahwa band ini menunda tur Amerika Serikat dan Kanada untuk memberinya waktu untuk pulih dari perawatan medis yang tidak ditentukan.

"Saya sangat sedih karena harus menunda tur, tetapi saya akan bekerja sangat keras untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin," kata Jagger saat itu.

Awalnya dijadwalkan pada bulan April, tur No Filter sekarang diharapkan akan dimulai pada bulan Juli, kata Billboard.