Menperin Luncurkan Groundbreaking Kampus Polman Astra Internasional

David Priyasidharta
David Priyasidharta

Sabtu, 11 Mei 2019 - 11:19

JATIMNET.COM, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meluncurkan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Kampus Politeknik Manufaktur (Polman) Astra di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat 10 Mei 2019.

Airlangga menyampaikan apresiasi pada PT Astra International Tbk yang mendukung pengembangan sistem pendidikan vokasi di Indonesia. "Terlebih kurikulum yang digunakan di Polman Astra, merupakan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah yang terdiri dari pembelajaran teori dan praktik," katanya dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.com, Sabtu 11 Mei 2019.

Selain itu, kurikulum ditambah dengan program pemagangan di perusahaan Astra group yang menggunakan pendekatan Astra Dual System (ADS) dengan porsi 35 persen pembelajaran teori dan 65 persen pembelajaran praktik.

BACA JUGA: Menperin Optimistis Indonesia Jadi Hub Manufaktur di Asean

“Kami berharap kerja sama di bidang vokasi ini mampu menjawab atas kebutuhan SDM untuk mendukung pengembangan industri 4.0 di sektor industri otomotif," kata Airlangga.
 
Kampus Polman Astra Delta Silicon di Cikarang, nantinya menjadi kampus pengembangan dari kampus Polman Astra Sunter, Jakarta Utara yang didirikan pada tahun 1995 oleh PT Federal Motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor (PT AHM) dengan nama Akademi Teknik Federal.

Kemudian, pada tahun 2001 berganti nama menjadi Politeknik Manufaktur Astra atau lebih dikenal dengan Polman Astra. Saat ini, Polman Astra memiliki 6 program studi antara lain Teknik Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPPM), Manajemen Informatika (MI), Mesin Otomotif (MO), Mekatronika (MK) dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG).  

BACA JUGA: Menperin Bidik Ekspor Alas Kaki Senilai USD 6,5 Miliar

“Kami sangat mengapresiasi yang dilakukan PT Astra International Tbk karena 60 persen lulusan Polman Astra secara langsung diserap untuk bekerja di Astra Group, sementara 30 persen lulusannya bekerja di sektor industri di luar Astra Group dan 10 persen lulusannya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

Kampus Polman Astra Delta Silicon akan menjadi kampus pengembangan dari kampus Sunter, Jakarta Utara. Kampus yang dirancang dengan konsep green campus ini akan didirikan di atas tanah seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi.

Fasilitasnya terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory serta asrama untuk mahasiswa baru. Kapasitas kampus baru diharapkan 4 kali lebih besar dibandingkan kapasitas kampus yang ada saat ini.

Baca Juga

loading...