Lokasi Parkir KBS Saat Lebaran Versi DPRD Surabaya

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 28 Mei 2019 - 10:12

JATIMNET.COM, Surabaya - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya menyarankan, agar parkir Kebun Binatang Surabaya (KBS) dipusatkan di Mangga Dua Jagir.

Saran ini digunakan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung selama lebaran mendatang.

"Pasti banyak yang berlibur, tempat yang sepi ya di Mangga Dua, jaraknya yan lumayan untuk parkir bis dan itu salah satunya alternatif," kata Anggota Komisi B Baktiono saat diwawancarai di DPRD Kota Surabaya, Selasa 28 Mei 2019.

Nantinya, KBS harus bekerjasama dengan pemerintah kota (pemkot) selama liburan lebaran. Baik dalam hal angkutan pengunjung maupun opsi untuk objek wisata di Surabaya.

BACA JUGA: Setelah Dilarang, 16 PKL Kembali Diizinkan Berjualan di KBS

Menurutnya, jika parkir dipusatkan di Mangga Dua, bus pemkot maupun tranportasi umum harus standby untuk mengantar pengunjung ke KBS.

Pastinya hal ini harus dilakukan dengan bekerja sama, agar bersinergi dengan baik.

"Dengan itu, akan mempermudah pengunjung dan mengurangi kemacetan karena minimnya lahan parkir," kata dia.

Ia menjelaskan, pihak KBS harus bisa bekerja sama, agar pengunjung KBS tidak perlu dipungut biaya lagi.

BACA JUGA: Risma Prioritaskan Perbaikan Kandang Satwa KBS

Menurutnya, dengan alternatif tersebut, pemkot bisa mengambil peluang untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Surabaya. Sehingga para pendatang tidak hanya berkunjung di KBS saja, melainkan juga berkunjung ke tempat wisata lainnya.

"Nah pendatang bisa lama di Surabaya agar bisa menikmati kota. Misalnya diarahkan ke Mangroove, Ampel, Tuhu Pahlawan, Rumah Bung Karno, dan lainya, agar mereka akan netap dari pagi sampai malam di Surabaya," kata Baktiono.

Dibutuhkan kolaborasi antara dinas perhubungan dan KBS, untuk menghindari pendatang yang ingin berlibur, malah kejebak macet karena kurangnya lahan parkir.

Selain dishub, ia juga berharap agar dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) bekerja aktif dalam mempromosikan objek wisatanya selama lebaran.

BACA JUGA: Minggu Depan Pemkot Surabaya Resmikan Terowongan Mayjen Sungkono

Misalnya dengan memberikan rute tujuan wisata yang bisa dikunjungi dengan akses yang mudah.

"Hal ini juga agar kendaraan tidak simpang siur di jalanan saja," katanya.

Baca Juga

loading...