Lima Jenis Kolak Favorit untuk Hidangan Takjil

Hari Istiawan

Sabtu, 18 Mei 2019 - 17:53

JATIMNET.COM, Surabaya - Kolak identik dengan hidangan takjil di bulan Ramadan. Tanpa kehadirannya, momen berbuka puasa serasa kurang lengkap. Rasa kuahnya yang manis dari paduan gula merah, santan, dan sedikit garam serta daun pandan membuat menu ini menjadi salah satu menu favorit untuk hidangan takjil.

Di Indonesia ada berbagai jenis kolak yang paling disukai masyarakat. Di antaranya adalah lima jenis klolak yang dirangkum Jatimnet.com di bawah ini:

1. Kolak Ubi

Foto: wikimedia

Ubi, baik ubi jalar atau ubi kayu sangat nikmat dibuatk kolak. Selain bisa mengenyangkan juga menambah semangat setelah merasakan kuah kolak yang dipadu dengan gula merah, santan, dan sedikit garam. Daun pandan juga bisa ditambahkan sebagai penyedap kuahnya.

2. Kolak pisang

Foto: pexels

Salah satu buah yang menjadi bahan dasar kolaka da pisang. Rasanya yang manis dan asam yang dimasukkan ke dalam kuah kolak bisa menambah selera makan bertambah. Bisa disajikan saat dingin atau hangat.

3. Kolak labu

Kolak labu bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tak begitu suka dengan rasa manis. Karena labu rasanya cenderung tawar sehingga kolak ini bisa dinikmati bagi mereka tidak suka manis-manis.

4. Kolak kolang-kaling

Kolang-kaling yang kenyal dan lembut ditambah kuah kolak yang manis dan gurih membuat sajian ini bikin menelan ludah saat menunggu waktu berbuka puasa.

5. Kolak biji salak

Foto: wikimedia

Kolak ini dibuat dari campuran ubi jalar dan tepung sagu yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan berukuran sedang seukuran biji salak.  Kolak ini memiliki rasa manis, legit, dan gurih, sehingga sangat cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Selain itu, semua jenis kolak di atas juga bisa dicampur-campur sesuai selera. Tak harus satu jenis kolak sehingga ada beberapa pilihan menu kolak.

Baca Juga

loading...