Libur Lebaran, Samsat Sarankan Pembayaran Pajak Kendaraan Melalui Indomaret

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 29 Mei 2019 - 22:59

JATIMNET.COM, Surabaya - Samsat Manyar Surabaya menyarankan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan melalui Indomaret saat libur lebaran pada 30 Mei hingga 9 Juni 2019.

Petugas Samsat Manyar Bripka Nur Kholik mengatakan layanan membayar pajak kendaraan di Indomaret itu merupakan terobosan yang dilakukan Samsat. Masyarakat cukup membawa STNK asli dan identitas diri asli sesuai STNK.

"Indomaret tetap melayani wajib pajak meskipun cuti lebaran. Masyarakat tinggal melakukan registrasi di sana dan pembayarannya di kasir," katanya, Rabu 29 Mei 2019.

BACA JUGA: Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret, Warga Anggap Masih Ribet

Setelah melakukan pembayaran, lanjut dia, nantinya struk dari kasir tinggal ditukar ke Kantor Samsat. Ia mengatakan masyarakat juga bisa mencetak notis pajak sendiri dengan meng-klik link yang secara otomatis akan masuk di sms notifikasi (1x24 jam), setelah melakukan pembayaran di kasir.

"Bisa cetak sendiri ke Samsat dan itu sah. Jadi masih bisa melakukan pembayaran pajak meskipun kantornya cuti. Tapi kalau pengurusan mutasi, dan lain-lain, ya harus nunggu setelah cuti lebaran," ujar Kholik.

Ia menambahkan pembayaran hanya bisa dilakukan untuk pajak kendaraan atas nama pribadi dan plat hitam saja. Sedangkan untuk keterlambatan pajak di bawah 1 tahun masih bisa dilayani.

Untuk keterlambatan di atas 1 tahun dan kendaraan berstatus blokir tidak bisa dilayani di Indomaret. "Untuk pelayanan di Indomaret ini perlu dipahami. Tidak semuanya bisa. Kalau keterlambatan di atas 1 tahun dan kendaraannya berstatus blokir tidak bisa dilakukan pembayaran. Harus mengurusnya di Kantor Samsat," kata Kholik.

BACA JUGA: Bayar Pajak Kendaraan Jatim Kini Bisa di Indomaret

Selain pelayanan di Indomaret, kata dia, masyarakat juga bisa mengurus atau melakukan pembayaran setelah cuti lebaran. Kantor Samsat akan kembali buka atau beroperasi pada 10 Juni mendatang.

Bagi masyarakat yang jatuh temponya bertepatan dengan cuti lebaran, maka bisa segera membayarnya pada 10 Juni tersebut. Lebih dari itu, sanksi denda tetap diberlakukan.

"Pajak kendaraan yang jatuh temponya bertepatan cuti lebaran, secara otomatis akan mundur satu hari setelah libur selesai. Misalnya jatuh temponya 1 Juni, nah itu bisa dibayar 10 Juni. Tidak kena denda. Tapi kalau lebih, misal tanggal 11 Juni ya tetap kena denda," jelasnya.

Baca Juga

loading...