Layani Arus Mudik Lebaran, Tol Paspro Siapkan Rest Area

Zulkiflie

Kamis, 9 Mei 2019 - 17:39

JATIMNET.COM, Probolinggo - Operator jalur Tol Pasuruan-Probolinggo atau Paspro akan menyiapkan dua rest area saat arus mudik lebaran awal Juni 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Manager Pelaksana PT Transjawa Paspro Jalan Tol, Sukiran, Kamis 9 Mei 2019.

Dua rest area itu akan ditempatkan di STA 8, kilometer 833.200, Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Atau lebih tepatnya, terletak di jalur Bandung sisi selatan ruas Tol Paspro arah Surabaya-Probolinggo dan di jalur Ambon sisi utara arah Probolinggo–Surabaya.

Rest area ini mulai disiapkan sejak H – 7 arus mudik lebaran. “Untuk rest area, nantinya kita siapkan mulai H – 7 arus mudik," katanya kepada Jatimnet.com via selulernya, Kamis 9 Mei 2019.

BACA JUGA: Sejak Dibuka, Pengguna Tol Paspro Mencapai 256.777 Kendaraan

Ia mengatakan rest area ini sifatnya sementara, dan letaknya ada di sisi utara dan selatan ruas Tol Paspro STA 8, atau KM 833.200 Muneng.

Menurut Sukiran, di rest area ini akan disediakan minimarket, tempat ibadah dan toilet umum. Sejumlah saran itu memanfaatkan kontainer berukuran 40 Feet. Ada juga areal parkir, bagi pengendara yang hendak menggunakan waktunya untuk istirahat sejenak.

Pihak Tol juga bekerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan pom mini yang menjual bahan bakar kendaraan dalam bentuk kalengan.

BACA JUGA: Diresmikan Jokowi, Tol Paspro Gratis Selama Dua Minggu

Sukiran mengatakan sempat terjadi penurunan volume arus lalu lintas di ruas Tol Paspro pada awal puasa ini yang tercatat hanya sekitar 900 kendaraan. Namun naik kembali pada Kamis 9 Mei 2019 di atas 12 ribu kendaraan.

“Volumenya sempat turun di awal puasa, namun saat ini sudah naik kembali di kisaran 12 ribu kendaraan,” terang Sukiran.

Sukiran memprediksi, peningkatan volume arus lalu lintas pada H – 7 mudik lebaran di ruas Tol Paspro akan menyentuh angka 20 ribu kendaraan perhari.

Baca Juga

loading...