Kopi Indonesia Bukukan Potensi Transaksi Ratusan Miliar di Boston

David Priyasidharta

Kamis, 18 April 2019 - 18:45

JATIMNET.COM, Jakarta - Produk kopi khas dan premium (specialty) Indonesia berhasil membukukan transaksi potensial sebesar USD 26,3 juta atau setara Rp 365,2 miliar di pameran Global Specialty Coffee Expo (GSCE) 2019 yang berlangsung di Boston Convention and Exhibition Center, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada 11 - 14 April 2019.

Nilai tersebut diprediksi akan terus bertambah, mengingat masih terdapat transaksi yang ditindaklanjuti.

“Nilai transaksi pada pameran tahun ini menunjukkan kualitas kopi Indonesia sudah mendapatkan tempat bagi pencinta kopi dunia," kata Atase Perdagangan Washington DC Reza Pahlevi dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.com, Kamis 18 April 2019.

BACA JUGA: Kopi Gayo Hingga Kintamani Ramaikan London Coffee Festival

Menurutnya, citra Indonesia juga harus terus dikembangkan, tidak hanya sebagai produsen dan eksportir biji kopi, namun juga nilai tambah dari kopi itu sendiri.

Keikutsertaan Indonesia kali ini merupakan hasil kerja sama Kedutaan Besar RI di Washington DC melalui Atase Perdagangan dan Atase Pertanian dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago dan ITPC Los Angeles.

Pameran GSCE merupakan tempat berkumpulnya buyer premium kopi specialty di kawasan Amerika Utara dan menjadi acuan bagi tren kopi dunia. Pameran yang diikuti 515 peserta dari 41 negara ini dikunjungi lebih dari 14 ribu pengunjung dan hampir setengahnya merupakan buyer internasional.

BACA JUGA: Di Balik Secangkir Kopi

Tahun sebelumnya, tercatat 79 persen buyer yang datang merupakan buyer yang memiliki otoritas pengambilan keputusan atau yang berwenang dalam memberikan rekomendasi pembelian di perusahaannya, sehingga pameran kopi ini menjadi sangat prospektif.

Berdasarkan data US Department of Agriculture (USDA) dan Department of Commerce , AS adalah pengimpor kopi kedua terbesar dunia setelah Uni Eropa.

Sedangkan Indonesia berada di urutan ke-6 sebagai negara pengekspor kopi ke AS dengan nilai mencapai USD 290 juta pada tahun 2018 dengan pangsa pasar sebesar 5,2 persen.

Baca Juga

loading...