Kepolisian Banyak Tangani Kasus Korupsi Dana Desa

M. Khaesar Januar Utomo

Senin, 10 undefined 2018 - 20:35

JATIMNET.COM, Surabaya – Sebanyak 39 Polres di seluruh Jawa Timur mayoritas menangani kasus dugaan korupsi dana desa. Secara keseluruhan, ada 91 kasus dugaan korupsi yang ditangani pada tahun 2018 berdasarkan berkas yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan dinyatakan lengkap. Sebagian besar merupakan kasus korupsi dana desa.

"Banyak yang menyalah gunakan dana desa tersebut untuk kepentingan pribadi," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Senin10 November 2018.

BACA JUGA: Pemkot Diingatkan Payung Hukum Dana Kelurahan

Barung menambahkan, dari 91 kasus yang ditangani selama 2018 jumlah kerugiaannya mencapai Rp 150 miliar, dan yang bisa diselamatkan sekitar Rp 5 miliar.

Jika dibandingkan dengan tahun 2017, jumlah kerugian negara akibat tindak pidana korupsi yang ditangani kepolisian meningkat. Tahun 2017 dari kasus yang ditangani terdapat kerugian negara yang mencapai Rp 51 miliar, dan yang berhasil dikembalikan sebesar Rp 10 miliar.

BACA JUGA: Sepuluh Anggota DPRD Kota Malang Segera Disidang

Peningkatan kerugian negara ini, kata Barung, tak lepas dari banyaknya pelaku tindak pidana korupsi yang menyalahgunaan dana desa yang diperoleh dari pemerintah. Selain dana desa, dana kapitasi atau dana pembayaran fasilitas kesehatan tingkat pertama oleh pemerintah juga dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi.

"Banyak pelaku belum bisa mengembalikan uang kerugian negara, karena sudah banyak yang digunakan sendiri oleh pelaku," kata Barung.

 

 

Baca Juga

loading...