Kelurahan Sekardangan Sidoarjo Jadi Role Model Kampung Bebas Narkoba

M. Khaesar Januar Utomo

Sabtu, 16 Maret 2019 - 16:32

JATIMNET.COM, Sidoarjo - Kelurahan Sekardangan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo dicanangkan sebagai percontohan kampung bebas narkoba. Dengan pencanangan ini, masyarakat khususnya warga RT 23 RW 07 menganggap narkoba sebagai musuh bersama.

Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan Edi Priyanto mengatakan masalah narkoba saat ini menjadi keprihatinan bersama karena telah menyasar korban dari berbagai kalangan. "Penggunanya tidak pandang usia," kata Edi.

Ia berharap warga kampung ini bebas dari narkoba. "Harus ada upaya dan langkah nyata untuk ikut serta dalam pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba," jelasnya Sabtu 16 Maret 2019.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Dielukan Tahanan Narkoba di Penjara Medaeng

Dengan pencanangan Kampung Bebas Narkoba ini, Kelurahan Sekardangan bakal menjadi contoh di Kabupaten Sidoarjo.

Penunjukan sebagai pilot project Kampung Bebas Narkoba tidak dilakukan dengan tiba-tiba, namun melalui proses seleksi dan beberapa pertimbangan, seperti wilayah tersebut merupakan daerah yang bebas dari permasalahan dan kasus peredaran narkoba.

Pertimbangan lainnya, kampung ini pada 2018 lalu menjadi juara pertama lomba Siskamling se-Kabupaten Sidoarjo. Sekardangan juga menjadi role model pengelolaan sampah yang dikenal dengan Kampung Edukasi Sampah di Sidoarjo.

Sebelumnya, Polresta Sidoarjo melakukan survei dan wawancara langsung dengan masyarakat. Dari survei tersebut ternyata semua warga mendukung. Sehingga, Polresta Sidoarjo melakukan pendampingan untuk mewujudkan Kampung Bebas Narkoba.

BACA JUGA: Ngelantur dengan Narkoba

Edi mengatakan warga kampun ini mengisi kegiatan sehari-hari dengan kegiatan positif. "Jadi ada berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan seperti permainan tradisional dan berbagai macam kegiatan positif lainnya," jelasnya.

Ia juga mengatakan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dilakukan secara berkala setiap minggu, dengan melibatkan anak-anak, remaja, karang taruna hingga orang tua di lingkungan Kelurahan Sekardangan.

"Ada juga tes urine kepada seluruh warga RT.23 RW. 07 Kelurahan Sekardangan, dan hasil pemeriksaan secara keseluruhan dinyatakan negatif," katanya.

Baca Juga

loading...