Keluarkan Abu Vulkanis, Wisata ke Bromo Tetap Buka

Zulkiflie

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:43

JATIMNET.COM, Probolinggo – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tetap membuka kunjungan wisatawan ke obyek wisata Gunung Bromo, Jawa Timur.

Kepala seksi wilayah 1 TNBTS, Sarmin mengatakan, TNBTS tetap membuka kunjungan wisatawan ke obyek wisata Gunung Bromo, lantaran kondisinya masih terpantau aman.

Sarmin menyebut, status Gunung Bromo masih berada di level II atau waspada. Dengan jarak aman bagi pengunjung, sekitar 1 kilometer dari bibir kawah Gunung Bromo.

BACA JUGA: Dua Hari Terakhir Gunung Bromo Keluarkan Abu Vulkanis

“Pintu masuk obyek wisata Gunung Bromo, tetap kita buka. Karena informasi PVMBG masih berstatus waspada, atau aman bagi kunjungan wisatawan. Namun pengunjung tetap diimbau, agar tidak mendekati atau naik ke bibir kawah Gunung Bromo,” jelasnya, Selasa 19 Februari 2019.

Sarmin menyampaikan, sampai saat ini paparan abu vulkanis yang keluar dari kawah Gunung Bromo, belum berdampak terhadap sejumlah titik rest area wisatawan yang ada di sekitar Gunung Bromo.

BACA JUGA: Gempa dan Erupsi Bromo Tak Pengaruhi Penerbangan di Malang

“Data terakhir PVMBG yang kita terima, masih belum ada peningkatan yang signifikan atas aktivitas Gunung Bromo. Jadi kunjungan wisatawan, tetap normal dan masih dibuka,” tandas Sarmin.

Sebagai informasi, sejak dua hari terakhir Gunung Bromo mengeluarkan abu vulkanis tipis, disertai asap berwarna putih agak kecoklatan hingga tebal dan tinggi 50 – 700 meter di atas puncak kawah.

Sementara untuk kegempaan Tremor menerus (microtremor), terekam dengan amplitudo 0.5-1 milimeter (dominan 1 milimeter).  Dari gunung dengan ketinggian 2.329 Mdpl itu, juga tercium bau belerang di PPGA Bromo, dan sesekali terdengar suara gemuruh.

Baca Juga

loading...