JATIMNET.COM, Surabaya - Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur dan Founder Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf menyampaikan bahwa perempuan harus mampu menyeimbangkan kesetaraan gender dan kodratnya. 

"Meski sudah menjadi wanita karir, harus bisa menyeimbangkan perannya sebagai perempuan, terlebih mereka yang sudah berumah tangga," kata Fatma saat diwawancarai usai acara Woman of Accor Generation 2019 di Mercure Hotel, Senin 11 Maret 2019.

Menurutnya, peran perempuan dalam rumah tangga adalah senantiasa membimbing anak dalam hal pendidikan, serta memperhatikan suaminya.

BACA JUGA: BKOW Ingatkan Perempuan Sadar Bahaya Kanker Payudara

Perempuan juga harus berprinsip bisa mengambil peran di luar atau masyarakat tanpa meninggalkan peran domestik, yakni bisa mengatur waktu antara melakukan kegiatan masyarakat dan peran sebagai ibu rumah tangga.

"Dengan keseimbangan tersebut kita akan mendapatkan kesetaraan gender yang sepadan. Sesuai dengan porsi dan kodrat sebagai perempuan, khususnya sebagai ibu dan istri," katanya.

Fatma juga berharap agar perempuan di Indonesia bisa menjadi agen perubahan, menambah ilmu, dan percaya diri melakukan banyak hal. Terlebih mampu mendidik anaknya menjadi penerus bangsa yang unggul.

BACA JUGA: Film Penyintas Kekerasan Seksual Keliling Tiga Negara

Di samping itu, Ia juga berharap agar stereotip masyarakat mengenai peran perempuan yang masih harus menjadi ibu rumah tangga segera diubah. Karena pada dasarnya perempuan juga mempunyai hak untuk berkarir, menempuh pendidikan dan berperan setara dengan laki-laki.

"Mari tunjukkan perempuan ini memiliki kapasitas yang sama dengan laki-laki. Tapi harus dibekali dengan ilmu dan kepercayaan diri, agar tidak meninggalkan kodrat dari wanita," kata Fatma.

Sementara itu, General Manager Ibis Surabaya City Center Vivi Anggriani mengungkapkan saat ini perempuan dan laki-laki harus berkolaborasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dengan menggunakan prinsip kesetaraan dan keberagaman gender. "Karena peran antara laki-laki dan perempuan itu sudah setara," katanya