Jelang Mudik, 18 Jalur Rawan Longsor Jatim Berkondisi Normal

Baehaqi Almutoif

Kamis, 23 Mei 2019 - 08:55

JATIMNET.COM, Surabaya - Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) VIII memastikan sejumlah jalan nasional yang sempat mengalami longsor saat musim hujan beberapa bulan lalu, telah kembali normal dan bisa dilewati.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pemantauan BBPJN VIII Agung Hari mengatakan, titik longsor seperti di jalur Ponorogo-Trenggalek, Trenggalek-Pacitan, Blitar, dan Lumajang dipastikan telah dapat dilewati.

"Semua sudah dilakukan penanganan, ya mudah-mudahan ketika arus mudik dan balik tidak terjadi bencana lagi," ujar Agung, Rabu 22 Mei 2019.

BBPJN VIII telah memetakan sejumlah jalur rawan bencana menjelang mudik lebaran 2019. Setidaknya ada 17 titik rawan banjir, dan delapan rawan longsor.

BACA JUGA: Jalur Mudik Lintas Kabupaten di Madura Mulai Diperbaiki

Seluruh daerah rawan bencana itu, dua berada di Madura, 16 titik berada di Selatan Jawa Timur mulai Banyuwangi, Jember, Lumajang, Trenggalek, Pacitan hingga Ponorogo. Sisanya, delapan di jalur Pantai Utara, mulai Tuban, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, dan Situbondo.

"Pak Kepala (BBPJN VIII) sudah sampaikan, alat-alat pun sudah disiapkan seandainya terjadi sesuatu (banjir atau longsor) bisa dilakukan pemulihan jalur secara cepat," tegas Agung.

Kepala BBPJN VIII Surabaya I Ketut Darmawahana mengatakan, 25 posko telah disiagakan untuk membantu kelancaran pemudik selama lebaran nanti.

Semuanya tersebar dibeberapa titik yang bisa juga digunakan tempat istirahat pemudik, serta kordinasi petugas BBPJN VIII.

BACA JUGA: Jalur Darat Semakin Cepat

"Posko itu juga ada dititik tertentu rawan bencana. Kami siapkan peralatan juga di sana, seandainya longsor bisa langsung diberikan penanganan, sehingga fungsional," tuturnya.

Ketut menuturkan, pihaknya telah menyiapkan tim tanggap bencana yang diturunkan ke lokasi untuk melakukan penanganan dalam waktu 1×24 jam.

"Ini termasuk menyiapkan DRU (disaster relief unit) di lokasi-lokasi rawan bencana longsor dan banjir," tuturnya.

Selain itu, lanjut Ketut, koordinasi dengan Dinas PU Bina Marga Jatim, Dishub Jatim dan kepolisian setempat terus untuk kelancaran mudik 2019. Ia menyebut seluruh penanganan jalan nasional telah dalam keadaan baik saat mudik nanti.

Baca Juga

loading...