Jangan Kaget, TNI-AU Akan Latihan Pesawat Tempur pada Sahur

M. Khaesar Januar Utomo
M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 14 Mei 2019 - 19:00

JATIMNET.COM, Surabaya – Bagi Anda yang tinggal Jawa Timur, jangan kaget jika mendengar deru mesin pesawat tempur meraung-raung di langit sekitar rumah. Dalam beberapa hari mendatang, TNI Angkatan Udara akan menggelar latihan penerbangan rutin di sekitar Surabaya, Malang, dan Madiun. 

Bahkan, dalam latihan yang melibatkan pesawat tempur kelas wahid, semisal Sukhoi dan F-16, itu akan digelar pada waktu-waktu sahur. “Kebetulan saja awal bulan Ramadan lalu kami latihan saat subuh yang meramaikan langit Surabaya," kata Komandan Lanud Muljono Surabaya Kolonel Penerbang (Pnb) Budi Ramelan di depan wartawan, Senin 13 Mei 2019. 

BACA JUGA: Sensasi Menanti Berbuka dengan Pesawat Terbang di Atas Kepala

Latihan itu sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Menurut dia, sebagian masyarakat di daerah lintasan pesawat sempat kaget ketika mendengar deru mesinnya. Dan pada pekan ini, latihan kembali dilakukan di jam dan waktu yang sama. “Jumat ini akan kembali melintas di wilayah Surabaya," ucapnya.

Ia mengatakan latihan ini untuk menguji kesiapan pesawat melakukan pendaratan darurat. Pun untuk lokasi pendaratannya, yakni Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang dan Iswahyudi di Madiun. “Jadi kondisi ini sebagai persiapan untuk pendaran darurat saja," katanya. 

Baca Juga

loading...