Hipertensi dan Kolesterol, Penyakit Paling Banyak Diderita Sopir

Yosibio

Jumat, 24 Mei 2019 - 23:26

JATIMNET.COM, Blitar – Seratusan sopir angkutan umum dan barang menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kolesterol, gula darah, dan tes urin di Terminal Patria, Kota Blitar, Jumat 24 Mei 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, M Muchlis mengungkapkan, untuk hasil pemeriksaan kesehatan rata-rata para sopir mengalami penyakit darah tinggi dan kolesterol.

“Jumlahnya hampir 50 persen dari semua sopir yang menjalani pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Banyak Sopir Bus Alami Hipertensi

Selain itu, kata Muchlis, juga terlihat sejumlah sopir badannya gemuk dan usianya sekitar 50 tahun. "Mereka yang darah tinggi dan kolesterol harus rutin berobat agar tensi darahnya turun. Bahaya kalau darah tingginya kumat dalam kondisi menyetir," kata Muchlis.

petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan kendaraan seperti kelaikan kendaraan, rem, ban serta kelengkapan kendaraan, untuk memberikan jaminan keselamatan bagi penumpang saat arus mudik.

Kegiatan ini dilakukan petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota, Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Kota (BNK) Blitar, Dinas Perhubungan, serta pengelola terminal, ini untuk persiapan masa angkutan Lebaran 2019.

BACA JUGA: Harga Bawang Putih Bisa Sebabkan Hipertensi

Tak hanya sopir yang masuk angkutan yang tujuannya di Terminal Patria saja, pengguna jalan yang melintas di jalan depan terminal juga diminta masuk petugas untuk dicek kesehatannya.

"Targetnya 100 sopir yang menjalani tes urin dan pemeriksaan kesehatan untuk persiapan angkutan Lebaran," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negera Siregar, Jumat 24 Mei 2019.

Adewira berharap, pemeriksaan ini dapat mengantisipasi kecelakaan lalu lintas saat arus mudik Lebaran.

Baca Juga

loading...