Daop 9 Sediakan 4.240 Seat Arus Balik Lebaran

Rochman Arief

Selasa, 23 April 2019 - 15:59

JATIMNET.COM, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 9 menyediakan kursi sebanyak 4.240 untuk angkutan balik gratis Lebaran 2019.

Manajer Humas PT KAI Daop 9, Luqman Arif kepada Jatimnet.com, Selasa 23 April 2019, menyatakan jumlah tersebut naik hampir 30 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya yang mencapai 3.000 tempat duduk.

“Ada dua kereta api yang akan digunakan untuk angkutan balik gratis Lebaran 2019, yakni KA Probowangi dan Tawang Alun yang masing-masing menyediakan tempat duduk 2.120,” kata Luqman dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: KAI Daop 7 Sediakan 1.252 Kursi untuk Mudik-Balik Lebaran

KA Probowangi merupakan kereta dengan relasi Banyuwangi-Surabaya Gubeng, sedangkan Tawang Alun berelasi Banyuwangi-Malang. Kedua KA ini akan melayani mudik-balik gratis selama empat hari atau 7-10 Juni 2019.

Untuk KA Probowangi berangkat dari Banyuwangi pukul 13.50 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 21.08 WIB. Sedangkan KA Tawang Alun berangkat dari Banyuwangi pukul 05.00 WIB tiba di Malang pukul 12.50 WIB.

Sejauh ini PT KAI Daop 9 hanya melayani angkutan balik gratis dan tidak ada mudik gratis. Sebab Daop 9 hanya membawahi Jember, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso yang tidak banyak pendatang. Sehingga sedikit warga yang mudik dari lima kota tersebut.

BACA JUGA: Okupansi Kereta Api Gratis Arus Balik Melebihi Seratus Persen

“Daop 9 merupakan tujuan akhir perjalanan, biasanya kepulangan warga dari kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta atau Surabaya. Selain itu juga sebagai tujuan wisata akhir,” lanjutnya.

Pria asal Sidoarjo itu menambahkan pemesanan tiket balik gratis hanya bisa dilayani di loket stasiun-stasiun yang dilewati perjalanan KA mudik dan balik gratis, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Pembelian tiket balik gratis maksimal empat. Tiket KA balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Acces, daring ataupun channel eksternal lainnya, dan sudah dilakukan mulai 1 April kemarin,” tegas Luqman.

Baca Juga

loading...