JATIMNET.COM, Surabaya – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana membuka kembali lowongan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini.

Hal ini diterangkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Anom Surahno perihal rencana tersebut. Namun hingga kini ia belum bisa memastikan pelaksanaan tes yang digagas KemenPAN-RB.

“Sekarang masih tabulasi, menghitung berapa kebutuhan formasi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujar Anom Surahno saat dijumpai di Surabaya, Kamis 14 Maret 2019.

BACA JUGA: Satu CPNS Dicoret Lantaran Terdaftar Caleg

Mantan Kepala Biro Pemerintah Pemprov Jatim itu menyebut proses menuju tes Calon Pegawa Negeri Sipil (CPNS) masih cukup panjang. Setelah melakukan tabulasi kebutuhan, BKD Jatim membahasnya dengan KemenPAN-RB untuk kemudian ditetapkan berapa formasi di Pemprov Jatim.

"Prinsipnya penyelenggara tetap KemenPAN-RB dan BKN. Tahun ini ada tes, tapi belum ditentukan tanggal pelaksanaannya, kemungkinan segera. Begitu juga dengan kuotanya akan disesuaikan dengan kemampuan APBD,” ungkap Anom.

Jawa Timur hingga tahun lalu jumlah pegawai negeri yang pensiun mencapai 2.400 orang. Sedangkan kuota yang disediakan KemenPAN-RB pada CPNS tahun 2018 lalu baru 1.971 formasi. Dengan kata lain masih ada slot sekitar 400 lebih formasi yang kosong.

BACA JUGA: 4.078 Orang Ikut SKB CPNS Pemprov Jatim, Begini Situasinya

Jumlah ini kemungkinan besar bertambah mengingat adanya ASN yang pensiun tahun ini. "Kami menganut prinsip zero growth, terkait penggantian pensiun. Misal pensiun 100 orang, CPNS-nya juga membutuhkan 100 orang," tuturnya.

Kendati demikian, ia mengaku menyerahkan sepenuhnya soal formasi kepada kementerian. Pihaknya masih menunggu petunjuk jumlah yang disediakan untuk CPNS tahun ini.