Aspadin Maksimalkan Produksi Sambut Ramadan dan Lebaran

Baehaqi Almutoif

Minggu, 28 April 2019 - 09:23

JATIMNET.COM, Surabaya – Industri air minum dalam kemasan (AMDK) tumbuh cukup menggemberikan tahun ini. Dua momen politik dan Ramadan mencatatkan pertumbuhan positif.

Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) mencatat, momen pemilihan umum (Pemilu) penjualan tumbuh positif 10 persen.

“Pertumbuhan April terhadap Maret 2019 cukup positif. Itu nantinya akan memberi kontribusi terhadap pertumbuhan tahunan,” kata Ketua Aspadin Rachmad Hidayat, Sabtu 27 April 2019.

BACA JUGA: Kemenperin Fasilitasi Ratusan IKM Bikin Desain Kemasan dan Merek

Dia optimistis pertumbuhan akan terus bertahan, dan diperkirakan ahkan cenderung naik bulan depan. Mengingat adanya momen Ramadan dan Lebaran yang diprediksi konsumsi AMDK meningkat sekitar 20 persen. Angka rata-rata itu selalu dipakai setiap tahunnya.

Kenaikan konsumsi AMDK, lanjut Rachmad, diprediksi terjadi pada minggu pertama bulan puasa. “Sudah mulai akan ada peningkatan, tapi puncaknya nanti menjelang minggu-minggu ketiga sampai Lebaran,” ungkapnya.

Anggota Aspadin tengah menyiapkan pergudangan untuk meningkatkan kapasitas. Begitu juga dengan pasokan air minum akan ditingkatkan sesuai prediksi pertumbuhan tahunan. Dengan begitu diharapkan distribusi barang lancar untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan air minum.

BACA JUGA: IKM Batik di Jatim Tumbuh 5 Persen Per Tahun

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan dengan memaksimalkan produksi, menambah pasokan untuk menunjang permintaan, serta memperluas atau menyewa gudang guna menyimpan stok AMDK.

Berdasarkan data Aspadin, konsumsi AMDK tahun lalu mencapai 29 miliar liter secara nasional. Sedangkan tahun ini, Racmat memproyeksikan konsumsi AMDK hingga bulan Juni mencapai 15 miliar liter.

Adapun daerah yang memiliki jumlah konsumsi terbesar adalah wilayah Jabodetabek dan Jawa-Bali dengan porsi 60 persen. Kemudian disusul Sumatera, Sulawesi, dan daerah lainnya.

Baca Juga

loading...