Anggota KPPS Pacarkeling Surabaya Meninggal Sepekan Pasca Pemilu

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 25 April 2019 - 12:38

JATIMNET.COM, Surabaya – Anggota Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) 019 Pacarkeling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya meninggal dunia akibat kelalahan. Adalah Tommy Heru Siswantoro (47) warga Karanggayam Teratai 24 meninggal dunia, pada Kamis 25 April 2019 sekitar pukul 06.30 WIB, yang diduga akibat kelelahan.

“Kegiatan (pemilu) ini memang sangat padat. Sejak Rabu 17 April mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB, atau hampir 22 jam mengerjakan tugas-tugas pemilu,” kata Ketua KPPS Gunawan Sedijono saat dijumpai di rumah duka.

Petugas yang bersangkutan merupakan anggota KPPS 4 yang bertugas sebagai absensi dan memanggil peserta untuk mencoblos. Gunawan mengungkapkan setelah kegiatan pemilu selesai, mulai pukul 24.00-05.00 WIB petugas menulis berita acara.

“Salah satunya adalah pak Tommy,” katanya.

BACA JUGA: Anggota PPS Probolinggo Meninggal Usai Hitung Suara

Gunawan menceritakan selama kegiatan pemilu seluruh anggota diminta untuk istirahat secara bergiliran. Biasanya petugas hanya beristirahat jika melakukan salat atau sedang makan.

Menurutnya, karena kegiatan sangat padat, pihaknya selalu menyediakan konsumsi untuk semua petugas. Tujuannya agar seluruh anggota tetap fit . Namun, beberapa kali Tommy terlihat pucat dan mengeluh kelelahan.

“Pada Rabu 17 April sebelumnya, semua terlihat fit. Namun akhir-akhir ini memang sudah tidak ada aktivitas. Tapi bisa jadi dampak karena beban pikiran dan tenaga yang terkuras untuk pemilu,” kata Gunawan.

BACA JUGA: Stres, Ketua KPPS di Kota Malang Mencoba Bunuh Diri

Puncaknya ketika Tommy minta diantar ke Rumah Sakit RKZ, Kamis (25 April 2019) sekitar pukul 05.00 WIB, karena sesak napas.

“Saya yang mengantar, karena kebetulan istrinya bertugas di RKZ. Sekitar pukul 6,30  WIB pak Tommy dinyatakan meninggal," katanya.

Pemakaman dilaksanakan di pemakaman umum Karanggayam Teratai sekitar pukul 11.00 WIB. Almarhum meninggalkan istri bernama Maria Magdalena Lastri dan seorang putra, Arnoldus Jansen Joemantoro Duta Pratama (16).

Baca Juga

loading...