JATIMNET.COM, Surabaya – Pisang ternyata tidak hanya enak dimakan buahnya saja, tapi seluruh bagiannya bisa diolah untuk sajian menu lezat nan unik. Mulai dari jantung pisang, daun pisang, batang pisang, bahkan tunas pisang bisa diolah jadi menu yang enak.

“Seluruh bagian dari pohon pisang bisa diolah jadi makanan enak, jadi bukan hanya buahnya,” terang Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Ervin Triana, Kamis 29 November 2018.

Salah satu olahan yang menarik adalah abon pisang. Dari luar, tampilan abon pisang seperti abon daging pada umumnya. Terlihat suwiran-suwiran mirip daging. 

Tapi saat dilihat dari dekat, ternyata bukan suwiran daging karena lebih tebal. Dan saat diicipi bukan rasa gurih melainkan manis. Ternyata Chef Ervin mengambil bagian tunas pisang bagian bawah sebagai bahan olahan menunya. 
“Saya ambil tunas pisang yang masih muda, lalu saya bersihkan dan parut,” katanya.

Selanjutnya, parutan tunas pisang itu kemudian direbus selama 10 menit lalu ditiriskan. Untuk bumbunya, Ervin menggunakan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, jinten, kunyit, jahe, laos, garam, lada, daun salam, daun jeruk, dan sereh. Semua bumbu dihaluskan kecuali daun jeruk dan sereh cukup digeprek. Bumbu itu kemudian ditumis hingga matang lalu masukkan parutan tunas pisang yang sudah direbus sebelumnya.  

Chef Ervin menjelaskan, setelah diaduk hingga kering segera tiriskan dan sajikan dengan nasi hangat. “Kalau ingin disimpan di dalam kulkas, harus dikeringkan sampai benar-benar kering yaitu memakai oven,” tuturnya.

Menurutnya, ide membuat menu ini muncul dari kebun di sebelah hotel. Dalam pengamatannya, setelah buah dipanen pohon pisang dibuang begitu saja. “Ketimbang dibuang begitu saja ya saya pakai untuk membuat menu baru,” katanya sambil tersenyum.

Memang ada tantangan dalam mengolah menu berbahan dasar pisang, yaitu dalam memilih jenis pisangnya. Dia menyarankan memilih pisang raja nangka dan pisang saba.  “Jangan pisang susu, karena batangnya kalau dimakan rasanya cenderung pahit dan getir,” ujarnya.

Selain abon pisang, Chef Ervin juga menciptakan kripik dari jantung pisang, Sambal Pisang, Jungkut Ares, Ayam Batang Pisang, Rujak Batang Pisang dan Cendol Daun Pisang.

“Banyak sekali orang yang belum tahu bagaimana mengolah logon seribu manfaat ini jadi merasakan lezat dan bergizi. Jadi kami ingin mengedukasi masyarakat lewat menu ini yang bisa dijadikan menu makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup,” kata Buditama Setiawan, GM Hotel Santika Pandegiling Surabaya.