JATIMNET.COM, Surabaya – Tersangka kasus dugaan ujaran kebencian Ahmad Dhani Prasetyo langsung digelandang masuk ke Rutan Klas 1 Surabaya di Kelurahan Medaeng, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Pihak rutan menegaskan tidak akan memberi perlakuan istimewa kepada Dhani.

Kepala Rutan Klas 1 Surabaya, Teguh Pamuji membenarkan pihaknya sudah menerima surat penitipan Dhani ke Rutan Medaeng. Dhani tiba di rutan sekitar pukul 10.30 WIB. “Jadi per hari ini yang bersangkutan dititipkan di Rutan Klas 1 Surabaya,” kata Teguh, Kamis 7 Februari 2019.

Sama seperti yang lain, Dhani menjalani semua prosedur yang ada di Rutan Klas 1 Surabaya. Seperti prosedur masa pengenalan lingkungan (mapenalin). Dalam proses ini Dhani harus mengingat jadwal kapan masuk sel, melaksanakan pembinaan, berolahraga, keterampilan, dan pembinaan rohani.  “Dia harus lalui masa-masa itu,” tegasnya.

Proses tersebut harus dijalani pentolan band Dewa 19 itu antara tiga hari hingga satu minggu. Teguh menegaskan tidak akan ada perlakuan istimewa terhadap Dhani, termasuk saat melakoni mapenalin. “Ya dicampur dengan tahanan lain karena tidak ada tempat yang lain,” katanya.

BACA JUGA: Ini Beberapa Kaus yang Dikenakan Ahmad Dhani 

Dhani akan berada di Rutan Medaeng selama proses persidangan kasus ujaran kebencian dituntaskan. “Kalau sudah ada kekuatan hukum tetap lalu dipindahkan ya terserah kejaksaan,” pungkasnya.  

Seperti ditulis sebelumnya, Ahmad Dhani menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya. Jaksa Penuntut Umum Dedy Arisandi mendakwa Dhani dengan pasal 45 Ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU  nomor 11 Tahun 2008 tentang Undang-Undang ITE.  Dhani didakwa telah mengeluarkan ujaran kebencian ketika berada di Hotel Majapahit Surabaya dalam aksi #2019gantipresiden.  

Pada sidang yang berlangsung di ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya, Hakim Ketua R Anton Widyo Priyono juga menetapkan pemindahan penahanan dari Lapas Cipinang ke Medaeng sekaligus penetapan penahanan untuk Ahmad Dhani di Rutan Klas 1 Surabaya. Suami Mulan Jameela itu ditetapkan ditahan di Rutan klas 1 Surabaya untuk memudahkan proses persidangan