250 Kereta yang Dikirim ke Bangladesh Dibuat di Jatim

Muhammad Taufiq

Selasa, 22 Januari 2019 - 18:32

JATIMNET.COM, Surabaya - Sebanyak 15 kereta bertipe ' Broad Gauge' (BG) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) dikirim ke Bangladesh dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 20 Januari 2019. Itu merupakan pengiriman tahap pertama dari 250 unit pesanan kereta dari Bangladesh.

Pengiriman kereta itu menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo. Ia mengunggah foto pengiriman kereta ke akun Twitternya @jokowi sepuluh jam lalu. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu pun menegaskan kalau seluruh kereta itu dibangun INKA di Jawa Timur (Jatim).

"PT INKA mulai mengirimkan 15 kereta penumpang dari Tanjung Perak, Surabaya ke Bangladesh, Minggu lalu. Ini ekspor pertama dari total 250 gerbong kereta penumpang untuk Bangladesh Railway yang tendernya dimenangi INKA tahun 2017," begitu Jokowi menulis cuitannya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro menjelaskan, dari 250 kereta yang dipesan Bangladesh Railway, rinciannya sebanyak 50 kereta tipe BG dan 200 kereta tipe Meter Gauge (MG). Sebanyak 15 kereta itu merupakan pengiriman Batch-1 dengan jumlah total 15 kereta.

Perbedaan kereta antara tipe BG dan MG terletak pada lebar track, yaitu tipe BG dengan lebar 1.676 milimeter, sedangkan tipe MG selebar 1.000 milimeter. Masing-masing tipe, kata dia, akan dirangkai beberapa jenis kereta, baik menggunakan AC maupun non-AC, WJC (kereta tidur AC), WJCC (kereta penumpang AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit) dan WECDR (kereta makan).

BACA JUGA : PT. INKA Kirim 15 Kereta Ke Bangladesh

Kapasitas kereta tipe BG memiliki tempat duduk 90 kursi, baik jenis WJCC (AC) maupun WEC (non-AC), kemudian tipe MG mempunyai 55 kursi untuk jenis WJCC (AC) dan 60 kursi jenis WEC (non AC).

"Nanti sisanya kereta akan dikirim bertahap hingga Juli 2019. Pada pengiriman kali ini jenisnya 10 WEC, dua WECRD, serta masing-masing satu WJC, WJCC dan WPC," katanya.

Baca Juga

loading...