TripAdvisor Umumkan Destinasi Wisata Terbaik, Peringkat Bali Melorot

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Rabu, 27 Maret 2019 - 22:30

JATIMNET.COM, Surabaya - TripAdvisor mengumumkan 25 destinasi wisata terbaik pilihan pembacanya dalam ajang Travellers 'Choice. Pulau Bali yang pada tahun lalu berada di posisi puncak melorot di posisi kelima, digantikan London, Inggris.

Salah satu penyebab London kembali ke puncak destinasi dunia terbaik adalah faktor pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle yang digelar tahun lalu.

"Perhatian global terhadap Harry dan Meghan sangat berdampak signifikan pada negara ini sejak 2016 lalu," kata juru bicara TripAdvisor, Hayley Coleman.

BACA JUGA: Wisatawan TN Alas Purwo Banyuwangi Melonjak 53 Persen

Pangeran Harry menikahi Meghan Markle dalam sebuah pernikahan megah 19 Mei 2018 di Kastil Windsor. Perhatian wisatawan ke London diperkirakan masih tetap tinggi karena Meghan diperkirakan akan melahirkan di bulan April.

"London akan tetap jadi sorotan akibat efek Harry dan Meghan hingga 2020 mendatang," katanya.

Selain faktor Harry-Meghan, wisatawan masih terpikat dengan atraksi pergantian penjaga istana, Buckingham Palace dan Kastil Windsor.
Wakil Presiden TripAdvisor bidang Komunikasi Global, Desiree Fish mengatakan penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap kota-kota besar dan pulau-pulau yang memberikan pengalaman luar biasa yang disukai turis.

CEO Visit London, Laura Citron mengatakan penghargaan ini merupakan buah kerja keras industri pariwisatanya. "Kami pastikan wisatawan mendapatkan pengalaman unik tiap hari setiap tahunnya," kata Citron.

BACA JUGA: Pariwisata Banyuwangi Dipromosikan di Bandara KLIA Malaysia

Dalam daftar tersebut, Paris (Prancis) akhirnya menduduki posisi kedua, disusul Roma (Italia), Crete (Yunani). Pulau Bali juga masuk dalam daftar destinasi terbaik dunia di posisi kelima.

Phuket (Thailand) berhasil memikat wisatawan sehingga naik peringkat dibandingkan tahun lalu di posisi sepuluh ke posisi keenam. Di posisi ketujuh ada Barcelona (Spanyol), dilanjutkan berturut-turut adalah Istanbul (Turki), Marrakech (Maroko), Dubai (UEA), Praha (Austria). Destinasi kuil megah di Siem Reap (Vietnam) melorot dari posisi kedelapan menjadi posisi 12 di tahun 2019.

Tahun ini New York harus puas berada di posisi ke-13. Selanjutnya berturut-turut di posisi ke-14 ada Jamaika, Hanoi, Tokyo, Playa del Carmen, Lisbon, Kathmandu, dan Jaipur. Posisi ke-21 hingga ke-25 ditempati oleh Hurghada, Hong Kong, Cusco, Sydney dan Tel Aviv.

Baca Juga

loading...