Puncak Mudik Usai, Ini Prediksi Antrean Lebaran di Selat Bali

Antrean H-1 Lebaran tak akan seramai H-3.
Ahmad Suudi

Selasa, 4 Juni 2019 - 10:06

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Ketapang Heru Wahyono mengatakan, puncak mudik di penyeberangan Selat Bali telah usai.

Kepada Jatimnet, Heru mengatakan pihaknya memperkirakan, antrean pada H-1 tidak akan seramai puncak arus mudik yang berlangsung pada H-3.

"Antrean panjang diperkirakan sudah selesai dan kemungkinan besar tidak akan terjadi (lagi) hingga besok H-1 (Selasa 4 Juni 2019)," kata Heru saat dihubungi, Senin 3 Juni 2019.

Penyeberangan Selat Bali pada H-2 Lebaran, menurutnya terpantau normal, karena di Gilimanuk tidak ada lagi antrean kendaraan pemudik.

BACA JUGA: Pilihan Kuliner Sepanjang Jalur Mudik di Jawa Timur (1)

Dikatakannya, antrean sudah habis terangkut ke Jawa pada Senin siang. Puncak mudik di penyeberangan Selat Bali terjadi mulai H-4 dimana kendaraan mulai ramai sejak pagi.

Tertinggi pada H-3, hingga sebagian kendaraan harus masuk ke buffer zone atau kantong parkir cadangan di Gilimanuk.

"Sekarang (Senin 3 Mei 2019) landai ini, lancar, tidak ada antrian," kata Heru lagi.

Dia juga mengatakan, selama masa angkutan mudik lebaran kali ini, jasa pelayanan penyeberangan tetap beroperasi maksimal.

BACA JUGA: Pilihan Kuliner Sepanjang Jalur Mudik di Jawa Timur (2)

Meskipun cuaca tidak bersahabat karena angin kecang dan gelombang tinggi kerap datang. "Alhamdulillah selama angkutan lebaran tidak ada gangguan, jadi normal ya," katanya.

Baca Juga

loading...