Pemprov Jatim Pastikan Pasokan BBM Aman Ramadan hingga Lebaran

Baehaqi Almutoif

Selasa, 14 Mei 2019 - 12:17

JATIMNET.COM, Surabaya – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur menjamin ketersediaan BBM selama Ramadan hingga Lebaran. Meskipun konsumsi BBM tahun ini diprediksi naik antara 5 sampai 15 persen dan sudah diantisipasi Pertamina.

Berdasarkan data Pemprov Jawa Timur, suplai premium tersedia 223.532 kiloliter. Sedangkan solar sekitar 196.924 kiloliter, biosolar sebanyak 8.606 kiloliter, pertamax sebanyak 201.912 kiloliter, dan untuk pertamax turbo sebanyak 4.776 kiloliter. Kemudian jenis dex sebesar 5.914 kilo liter.

Adapun suplai LPG (Liquefied Petroleum Gas), masih tersedia sebesar 119.200 metrik ton. Jumlah itu diprediksi cukup memenuhi kebutuhan per hari antara 3.820 hingga 4.340 metrik ton.

BACA JUGA: Tahun 2024, Program BBM Satu Harga Jangkau 500 Titik

“Ketersediaan BBM dan gas di Jatim selama Ramadan sampai Idul Fitri, Insha Allah aman. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat bisa tersedia, termasuk di kepulauan kami berharap tidak sampai terjadi kelangkaan,” ujar Kepala Dinas ESDM Jawa Timur Setiajit, Selasa 14 Mei 2019.

Diakui mantan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jatim ini, Ramadan hingga Lebaran tren peningkatan BBM terjadi dikisaran 5-15 persen. Faktor penyebabnya adalah meningkatnya mobilitas mayarakat, serta prilaku memasak menggunakan LPG.

BACA JUGA: Pertamina Prediksi BBM Naik Lima Persen Selama Pemilu

Kendati demikian, menurut hitungannya, dengan suplai yang ada saat ini sudah mencukupi. “Memang biasanya ada kenaikan penggunaan BBM selama Ramadan hingga Lebaran nanti. Tapi untuk suplainya sudah mencukupi," tegasnya.

Diharapkan dengan suplai yang mencukupi ini tidak terjadi kepanikan di masyarakat. Pemprov Jatim juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk memantau gudang-gudang guna memastikan tidak ada penimbunan.

Baca Juga

loading...