Pemkot Luncurkan Aplikasi SMES untuk Menunjang Bakat Siswa

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 21 Januari 2019 - 13:50

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan aplikasi  Sistem Manajemen Ekstrakurikuler Sekolah (SMES) untuk menunjang pengembangan bakat siswa.

Aplikasi ini dibuat untuk mewujudkan pendidikan yang mewadahi dan memfasilitasi pengembangan multiple intelligence (kecerdasan ganda, red) peserta didik di sekolah.

"Aplikasi berisi sistem informasi seputar kegiatan sekolah yang mudah diakses oleh siswa," kata Kasi Penyusunan Program dan Pelaporan Tri Aji Nugroho dalam acara Gelar Seni dan Bazaar di SMA/SMK St. AGNES, Minggu 20 Januari 2019.

BACA JUGA: Dinas Pendidikan Diminta Fokus Tingkatkan Kualitas Guru

Pengguna aplikasi SMES di sekolah memasukan jadwal ekstrakurikuler siswa. Dengan jadwal tersebut, SMES digunakan sebagai absensi kehadiran siswa yang mengikuti ekstrakurikuler.

"Dengan begitu, guru dapat dengan mudah dan cepat mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler," kata Aji.

Aji mengungkapkan, peluncuran aplikasi ini merupakan program penunjang dari pemkot yang mewajibkan peserta didik mengikuti minimal satu ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Harapannya, siswa dapat meningkatkan bakat untuk meraih prestasi baik di tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

BACA JUGA: Jadwal UNBK Berubah, Dinas Pendidikan Jatim Belum Terima Pemberitahuan

Aplikasi SMES ini dapat dengan mudah diakses melalui laman Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya dan diharapkan mampu meningkatkan pengembangan bakat dan potensi siswa disekolah masing-masing. "Semoga bisa memotivasi pelajar Surabaya untuk terus meraih prestasi mulai tingkat kota bahkan nantinya hingga ke tingkat internasional," pungkas dia.

Baca Juga

loading...