Jatim Terapkan Penggunaan Smartphone untuk Ujian Siswa SMA

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Selasa, 15 Januari 2019 - 20:07

JATIMNET.COM, Surabaya – Dinas Pendidikan Jawa Timur memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung pelaksanaan ujian siswa. Tahun ini, siswa Sekolah Menengah Atas bisa menggunakan telepon pintar untuk mengerjakan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman mengatakan penggunaan telepon pintar dalam ujian bersifat pilihan. Tujuannya, untuk mempermudah siswa mengerjakan soal ujian. “USBN tetap berbasis komputer, tapi ada yang baru yaitu penggunaan smartphone,” katanya, Selasa 15 Januari 2019.

BACA JUGA: Hindari Benturan Pileg dan Pilpres, Sekolah Siapkan Percepatan UNBK

Meski penggunaan smartphone memiliki keterbatasan-karena layar yang lebih kecil-, ia meyakini tak ada kendala berarti untuk menerapkan rencana ini. “Sudah ada sistemnya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Jatim Ety Prawesti mengatakan penggunaan smartphone diterapkan di sekolah yang kekurangan komputer. Dalam catatannya, ada sekitar 20 sekolah seperti itu. “(Penggunaan smartphone) jadi salah satu opsi saja. Kalau tidak bisa ya bisa bergabung dengan sekolah lain,” katanya.

Menurut dia, ada aplikasi khusus yang harus disematkan siswa di telepon pintarnya agar bisa mengerjakan soal ujian. Selain aman, sistem di program bisa mencegah siswa menyontek jawaban. “Ada login dan password. Kalau dia keluar dari aplikasi, dianggap sudah selesai mengerjakan,” katanya.

BACA JUGA: Jadwal UNBK Berubah, Dinas Pendidikan Jatim Belum Terima Pemberitahuan

USBN dijadwalkan berlangsung pada 4-15 Maret 2019. Ada 16 mata pelajaran yang diujikan pada siswa dan diacak dalam lima bentuk soal. Penyusun soal berasal dari tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran Jatim.

Selain USBN, siswa juga akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk lulus sekolah. Menurut Ety, USBN menentukan 80 persen kelulusan siswa. “Kalau UNBK penting untuk bekal mendaftar kuliah atau bekerja,” katanya.

Baca Juga

loading...