JATIMNET.COM, Surabaya - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur bersama PT Pilar Bangun Sentosa dan ID SPORTS Management menggelar program pembinaan generasi muda bidang olahraga.

Program bernama “Football For Peace Jawa Timur 2019” akan berlangsung di Surabaya dan Jombang. Untuk peserta terbaik dari program tersebut akan berangkat ke Spanyol.

Rencananya, kompetisi tersebut berlangsung di Surabaya pada 24-27 Maret dan 1-4 April di Jombang.  Konsepnya berupa Giving Balls kepada 100 anak-anak berbakat dari Sekolah Sepak Bola (SSB) di Jatim.

BACA JUGA: Kena OTT KPK, Ini Profil Romahurmuziy

"Surabaya segmennya umum, sedangkan Jombang untuk Santri," kata ketua panitia Football For Peace KH Zahrul Azhar As'ad, Jumat 15 Maret 2019.

Dia yakin dengan program yang dilakukannya itu menjadi terobosan bagi generasi milenial untuk membangun bakat dan karakter.

“Harapannya,  dari program ini muncul generasi muda berkualitas yang mampu bersaing di ranah nasional maupun internasional. menjadi leader di lingkungannya," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, nantinya pada Oktober 2019 akan digelar kegiatan yang serupa. Bedanya, program coaching clinic ini ditangani oleh pelatih asing dari Spanyol.

BACA JUGA: Pamit ke BG Junction, Haris Hasanuddin Dikabarkan Tertangkap KPK

Lelaki yang akrab Gus Han itu menjelaskan mengapa Spanyol yang dipilih sebagai negara tujuan.  Selama ini,  panitia sudah mencoba beberapa negara yang memiliki klub sepakbola unggulan.

Dari beberapa nama itu, baru Spanyol yang memberi respons.  Mereka menyambut baik program ini. "Tidak menutup kemungkinan,  akan kami datangkan pelatih dari negara itu untuk bertukar pengalaman di sini, " jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Dispora Jatim Supratomo mengapresiasi program tersebut. Dia berharap program ini melahirkan pemain muda di Jawa Timur yang berbakat. Apalagi di Jawa Timur banyak berdiri Sekolah Sepak Bola (SSB).

Saat ini, lanjutnya, kurikulum SSB juga sudah ditata dan pembinaan. "Standarisasi sudah kami susun agar manajemen bagus," katanya.