Cina Tuan Rumah Piala Asia 2023 Gantikan Korsel

David Priyasidharta

Kamis, 16 Mei 2019 - 11:43

JATIMNET.COM, Surabaya - Cina bakal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah Korea Utara yang sebelumnya juga menawarkan diri sebagai tuan rumah menyatakan pengunduran dirinya.

Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) menyampaikan pengunduran dirinya sebagai tuan rumah kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal ini kemudian membuka jalan bagi Cina menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala AFC U-19, Indonesia Satu Grup dengan Korut

Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini terakhir menjadi tuan rumah kejuaraan kontinental pada tahun 2004. Saat itu, mereka kalah di babak final melawan Jepang dengan skor 3-1 di Beijing.  

"Kita perlu membuat pilihan antara Piala Asia 2023 AFC dan Piala Dunia Wanita," kata Sekretaris Jenderal KFA, Chun Hanjin dalam pernyataan di situs web organisasi itu seperti dilansir Reuters, Kamis 16 Mei 2019.

"Kami memutuskan untuk fokus pada Piala Dunia wanita secara strategis. Dalam Piala Dunia wanita, FIFA dan pemerintah akan secara aktif mendukung tuan rumah bersama Korea Utara." katanya.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Asia U-16, Indonesia Satu Grup dengan Cina

KFA pada bulan Maret 2019 lalu mengumumkan tawaran bersama dengan Korea Utara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023 wanita. Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kolombia, Jepang, Selandia Baru, dan Afrika Selatan juga menyatakan minat.

AFC dijadwalkan mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 4 Juni 2019. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2022. Dalam Piala Asia lalu, Qatar meraih gelar pertamanya dengan mengalahkan Jepang di babak final degan sekor 3-1 di Uni Emirat Arab.

 

Baca Juga

loading...