JATIMNET.COM, Surabaya- Beragam jenis bunga yang tertata apik di jalan-jalan protokol Surabaya sedang bermekaran. Pun demikian di taman-taman kota yang ada di beberapa sudut Kota Pahlawan.  Ada bunga tabebuya, bunga kertas, anggrek, bunga bougenville yang berwarna pink, putih dan ungu.

Bunga-bunga yang bermekaran ini menarik masyarakat umum dengan mengabadikannya lalu diunggah di media sosial. Beberapa muda-mudi juga memanfaatkan mekarnya aneka jenis bunga dengan berswafoto. Beberapa bunga yang mekar bisa kita jumpai di beberapa titik Kota Surabaya antara lain, Jalan Embong Malang, Basuki Rahmat, Gubeng, Taman Apsari, Taman Surya, Jalan Raya Gubeng, Ahmad Yani, Mayjend Sungkono.

Meskipun cuaca sering mendung, suasana di sekitar bunga yang bermekaran terlihat indah. 
"Saya dari siang di sini,  menunggu hujan sampai reda. Dengan ditemani bunga yang indah ini bagus buat spot foto," kata Dian, salah satu warga Surabaya yang beristirahat di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu 28 November 2018.

Tahun 2018 merupakan tahun pertama Surabaya merasakan nuansa musim hujan dengan hiasan bunga yang bermekaran. Beberapa warganet memuji hasil kerja keras Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang gencar dalam menjadikan Kota Surabaya dengan beragam jenis tanaman hias.

Terdapat beberapa program penghijauan yang dilakukan di Surabaya, antara lain mengikuti partisipasi se-Asia Pasifik tahun2012 versi city net, yang dilakukan untuk mengelola lingkungan.

Kemudian menanam 1 miliar pohon pada tahun2013. Penanaman bunga di taman-taman seperti Taman Bungkul,  program Asian Town Scape pada tahun2013 yang menjadi taman terbaik se-Asia, pelatihan Green and Clean tahun 2017 dan masih banyak lagi.

Upaya yang dilakukan Risma setahun silam membuahkan hasil pada November tahun ini. Hingga hari ini, banyak yang berswafoto di titik-titik yang banyak bunga bermekaran, lalu diunggah di media sosial masing-masing. Admin Instagram @aslisuroboyo kemudian merepost kembali.