Transaksi keuangan dari prostitusi itu mencapai Rp 2,8 miliar dalam setahun.

Artis 19 Tahun Masuk Jaringan Prostitusi Daring

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 11 Januari 2019 - 18:06

JATIMNET.COM, Surabaya – Penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur terus mendalami kasus prostitusi daring yang melibatkan artis papan atas. Kali ini polisi menemukan fakta baru.

Dari 45 nama artis yang diperdagangkan ke pria hidung belang, tersangka Tentri Novantah (28) dan Endang Sutantri (37) juga terbukti menjajakan gadis berusia 19 tahun.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan adanya artis yang masih berusia belasan tahun ini.

Menurut dia, rata-rata usia perkerja seks yang dipasarkan oleh tersangka berusia 19 hingga 30 tahun. "Masih ada nama-nama mereka yang beranjak menjadi calon artis dan model diduga juga ikut terlibat prostitusi online," katanya, Jumat, 11 Januari 2019.

Gadis berusia 19 tahun yang terlibat prostitusi daring itu merupakan calon artis.  Meski berusia belasan, Barung mengatakan tetap saja dianggap ikut terlibat dalam jaringan prostitusi.

BACA JUGA: Polda Jatim Buru Dua DPO Muncikari Artis

"Iya, ada artis dan model yang baru beranjak meski mereka melakukan (prostitusi) satu kali terlibat prostitusi online," ujar Barung.

Dia juga mengungkapkan penyidik menemukan dua identitas artis baru yang terlibat dalam kasus prostitusi daring. Ini artinya, jumlah artis yang teridentifikasi dalam digital forensik dalam kasus ini menjadi tujuh orang.

"Daftar artis dan model diduga terlibat prostitusi online berpotensi bertambah," kata Barung.

BACA JUGA: Foto Vulgar Tersebar, Vanessa Angel Lapor Polisi

Sebelumnya polisi sempat menyebutkan adanya daftar 45 artis dan 100 model yang terlibat prostitusi daring yang dijalankan oleh kedua tersangka. Penyebutan itu didukung bukti data otentik rekam jejak digital online.

Di antaranya dari tempat atau lokasi di hotel, rekaman percakapan chatting, hingga transaksi prostitusi. "Semua data itu kami dapatkan," katanya.

Perkembangan terakhir, polisi telah memeriksa rekening koran dari salah satu muncikari Endang Sutantri. Hasilnya, transaksi keuangan dari prostitusi ini, sejak 1 Januari 2018 hingga 5 Januari 2019, mencapai angka Rp 2,8 miliar.

Baca Juga

loading...