Jual Satu Gram Sabu-sabu, Warga Sidoarjo Divonis Enam Tahun

M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 12 Februari 2019 - 21:51

JATIMNET.COM, Surabaya - Majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya mengganjar Rendy Arista Dwi Setyanto (24) warga Jalan Simowao Baru Gang Salak Sidoarjo dengan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan. Terdakwa kedapatan membawa dua poket narkoba jenis sabu-sabu dengan berat masing masing 0,56 gram dan 0,42 gram.

Andi hamzah, majelis hakim yang memimpin sidang, menyatakan terdakwa melanggar pasal 112 dan 114 Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Dengan ini terdakwa atas nama Rendy Arista Dwi Setyanto divonis dengan enam tahun penjara dengan denda sebesar Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan," kata Andi Hamzah di Ruang Sidang Tirta 1 PN Surabaya, Selasa, 12 Februari 2019.

BACA JUGA: Diduga Konsumsi Sabu, Sekelompok Perangkat Desa di Probolinggo Ditangkap

Vonis yang dijatuhkan hakim ini lebih rendah dari tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Tanjung Perak, Parlin Manullang yang menuntut 8 tahun enam bulan dengan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan. Baik terdakwa dan jaksa menerima putusan hakim tersebut.

Jaksa menerima putusan hakim karena sudah masuk tiga perempat dari tuntutan jaksa. Selain itu ada hal yang meringankan karena terdakwa mengakui perbuatan salah. "Jadi kami menerima putusan tersebut," ucapnya.

Kasus ini terjadi Kamis, 27 September 2018 sekitar pukul 01.00 WIB. Polres Pelabuhan Tanjung Perak mendapatkan informasi adanya peredaran narkoba di Sidoarjo. Saat itu juga polisi langsung menggerebek rumah terdakwa di kawasan Jalan Simowao Baru gang Salak Sidoarjo.

BACA JUGA: Gembong Pengedar Sabu-Sabu Diringkus di Jalur Pantura Dringu

Polisi menemukan dua buah poket sabu-sabu yang disembunyikan pelaku di dalam kamarnya.

Saat diinterogasi, terdakwa mengaku jika sebelumnya dua buah poket sabu-sabu sudah lebih dulu di jual ke Otong dan Agus yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dari tangan terdakwa, polisi mengamankan barang bukti dua buah poket sabu sabu serta empat buah HP milik terdakwa.

Baca Juga

loading...