Empat Kelurahan di Sampang Terendam Banjir

Mustofa

Minggu, 14 April 2019 - 21:35

JATIMNET.COM, Sampang - Empat Kelurahan di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terendam banjir, Minggu 14 April 2019.

“Empat kelurahan yang terdampak banjir di Kelurahan Dalpenang, Rongtengah, Gunung Sekar, dan Polagan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Anang Djunaedi.

Menurutnya, banjir disebabkan karena Sungai Kemuning meluap sehingga air limpasannya menggenangi perkampunga di sekitarnya. Hingga Minggu petang, ketinggian genangan air berbeda-beda, 40 sentimeter hingga 75 sentimeter.

BACA JUGA: Warga Syiah Difasilitasi KPU Sampang Tentukan Pilihan Politik

Anang menjelaskan, di Jalan Cempaka, Jalan Melati, dan Jalan Mawar, di Kelurahan Rongtengah dan Delpenang merupakan wilayah  terparah yang terkena banjir. Di Tiga jalan yang dekat dengan Monumen Trunojoyo itu tinggi air rata-rata mencapai 75 sentimeter.

Ia menyebutkan, banjir kali ini masih terbilang aman jika dibandingkan dengan banjir yang kerap melanda Kota Sampang pada tahun-tahun sebelumnya.

Berkurangnya cakupan wilayah terdampak banjir itu salah satunya karena sudah ada pembangunan sheet pile (penahan tanah) di Bantaran Sungai Kemuning sejauh 7 kilometer.

BACA JUGA: Banjir Pamekasan Kian Meluas

"Banjir sekarang lebih rendah dari bulan Januari lalu, waktu itu tinggi air ada yang sampai dua meter, jadi banjir sekarang masih aman," ujar dia.

Soal jumlah rumah yang terendam, Anang Djunaedi mengaku belum memiliki data. Sebanyak 20 anggota Tim Reaksi Cepat yang dimiliki BPBD Sampang masih fokus mengevakuasi warga, memantau volume air sungai hingga mengawasi pasang surut air laut. Data-data tersebut harus akurat, agar bisa membuat prediksi apakah banjir akan meluas atau justru segera surut.

"Ini banjir kiriman, hujannya di wilayah utara seperti di Kecamatan Kedungdung, tapi yang banjir di Kota Sampang. Apalagi sekarang ini masuk musim pancaroba, peralihan dari penghujan dan kemarau, bisa memicu banyak kejadian, tidak hanya banjir tapi juga longsor dan puting beliung," terang Anang.

Baca Juga

loading...