Berikut Delapan Jenis Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk

Hari Istiawan
Hari Istiawan

Selasa, 29 Januari 2019 - 15:45

JATIMNET.COM, Surabaya – Musim hujan menyebabkan banyak genangan air menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Namun, ada beberapa cara alami untuk mengusir nyamuk dari rumah kita, salah satunya dengan menanam beberapa jenis tanaman di bawah ini.

1. Bunga Lavender

Lavender-pixabay

Bunga yang berwarna ungu ini dikenal memiliki aroma yang sangat harum. Aroma inilah yang paling dihindari oleh nyamuk. Sebab, lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, sebuah zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman ini juga mudah ditanam di dalam pot atau halaman rumah. Terutama bisa diletakkan di dekat pintu masuk atau jendela untuk mencegah nyamuk masuk rumah.  

2. Serai

Serai tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk penyedap kanan atau minuman hangat seperti jahe. Tanaman ini juga dikenal ampuh mengusir nyamuk. Beberapa losion anti nyamuk juga menggunakan bahan dari serai.

Tanaman ini cocok ditanam di sekitar rumah anda untuk mencegah nyamuk masuk melalui jendela rumah.

3. Lemon balm

Lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga tidak disukai nyamuk. Mudah ditanam karena sifat pertumbuhannya cepat.

4. Catnip

Catnip-Flickr

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sangat ditakuit nyamuk. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal lama digunakan mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah guna mencegah nyamuk masuk rumah.

6. Geranium (tapak dara)

Tapak dara-pixabay

Geranium atau biasa dikenal dengan nama tapak dara ini juga diketahui sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

7. Zodia

Zodia-Flickr

Tanaman pengusir nyamuk asal Papua ini sering digunakan penduduk Papua sebelum memasuki hutan. Biasanya mereka mengosokkan zodia pada tubuh mereka. Zodia cocok ditanam di ketinggian 400-1000 meter di atas permukaan laut.

Zodia memiliki zat bernama evodiamine dan rutaecarpine yang berguna sebagai pengusir nyamuk, menambah stamina dan mengobati malaria.

8. Rosemary

Rosemary juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk. Aromanya seperti aroma minyak telon atau minyak kayu putih. Bau yang dihasilkan rosemary mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya.

Baca Juga

loading...