Seratusan Pemudik di Pelabuhan Merak Terserang Ispa

Hari Istiawan

Sabtu, 1 Juni 2019 - 16:14

JATIMNET.COM, Merak - Seratusan pemudik di Pelabuhan Merak Banten yang akan melakukan penyeberangan ke Bakauheni Lampung terserang infeksi saluran pernapasan (ISPA) dan kelelahan. Mereka dirawat di Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten.

"Ada 188 pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan, mayoritas terserang ISPA sedangkan sisanya pemudik pejalan kaki dan penumpang kendaraan roda dua yang mengalami kelelahan," kata petugas Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan, Endang S Anwar saat memberikan penjelasan pada Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Pelabuhan Merak, Sabtu 1 Juni 2019.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, 20 Ribu Kendaraan Lintasi Pintu Tol Waru

Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kepada para pemudik baik penumpang kendaraan dan pejalan kaki agar memanfaatkan posko kesehatan yang telah disediakan untuk memeriksakan kesehatannya.

"Kita di Pelabuhan Merak ini sudah menyiapkan tujuh posko kesehatan, dokter dan tenaga medis disiagakan, jadi manfaatkan," ujarnya.

BACA JUGA: Pelindo III Tambah Dua Rute Mudik Lebaran Gratis

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun 2019 yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.(ant)

Baca Juga

loading...