JATIMNET.COM, Surabaya - Film superhero "Black Panther" akan kembali diputar di bioskop pekan ini. Namun, pemutaran kali ini bukan untuk alasan komersial. Melainkan untuk merayakan Black History Month

Black Panther, merupakan film terlaris di Amerika Serikat tahun 2018. Walt Disney Studios Motion Pictures akan menggratiskan tiket menonton film yang dibintangi Chadwick Boseman dan Lupita Nyong'o itu di 250 bioskop AMC.
 
Pemutaran ulang film ini sekaligus untuk mengabarkan pemberian donasi Disney senilai USD 1,5 juta kepada United Negro College Fund.

Black History Month adalah perayaan sejarah pencapaian Afrika-Amerika di semua sektor baik pencapaian sebagai ilmuwan maupun pengusaha. Perbedaan kulit warna ini pernah menjadi isu sensitif di Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Film Surau dan Silek Pukau Penonton di Bulgaria

"Black Panther adalah sebuah terobosan untuk banyak alasan, termasuk menyuarakan diversitas dalam film," kata Chairman dan CEO Disney, Bob Iger dikutip dari www.gizmodo.com, Selasa 29 Januari 2019.

Iger melanjutkan film ini menunjukkan bahwa kekuatan pengetahuan mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Disney juga mendukung agar setiap orang memiliki akses untuk mendapatkan pendidikan.

"Kami dengan bangga menyediakan ribuan pemutaran film Black Panther secara gratis dengan harapan akan terus menginspirasi penonton, dan mendukung UNCF dengan hibah USD 1,5 juta untuk menjadikan impian pendidikan tinggi menjadi kenyataan bagi lebih banyak siswa," ujarnya.

BACA JUGA: Film "A Man Called Ahok" Dipesan Negeri Jiran

Pemutaran film akan dimulai pada 1-7 Februari.Tiap harinya akan ada dua kali pemutaran film "Black Panther".

Black Panther mendapatkan tujuh nominasi Piala Oscar ke-91 yang akan diumumkan pada 24 Februari 2019. Salah satunya adalah nominasi Best Picture, yang merupakan pertama kali bagi film yang diangkat dari komik.  

Meski diumumkan untuk merayakan Black History Month, namun ada dugaan pemutaran ini memiliki maksud lain. Voting untuk Oscar dimulai pada 12 Februari hingga 19 Februari. Artinya, ada keuntungan tersendiri yang mungkin bisa diperoleh oleh film ini.

Sementara itu, Presiden dan CEO AMC Adam Aron menyatakan gembira dengan pemutaran ulang film Black Panther. AMC juga senang menjadi bagian dari langkah Disney mendukung Black History Month.

"Tanggapan pecinta film pada Black Panther tidak seperti apa pun yang pernah dilihat industri kami sebelumnya,” kata Adam Aron dikutip dari www.deadline.com.