Seragam Ini Bisa Deteksi Keberadaan Siswa

Rochman Arief

Senin, 31 undefined 2018 - 10:33

JATIMNET.COM, Beijing – Sejumlah sekolah di Cina mulai menggunakan pengawasan siswanya dengan memanfaatkan teknologi. Penerapan ini disebabkan banyaknya wali murid yang menerapkan privasi kepada anak-anaknya.

Dampaknya banyak sekolah yang tidak mengetahui keberadaan siswanya, serta berdampak pada absensi kehadiran siswanya.

Untuk menyiasatinya, pihak sekolah mulai menerapkan seragam pintar atau smart uniform. Tujuannya untuk mengetahui keberadaan siswa sekaligus sebagai absensi kehadiran.

Disampaikan Global Times 20 Desember 2018 lalu menyebutkan sejumlah sekolah di Cina tengah mempromosikan penggunaan seragam pintar untuk meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran dan keberadaan siswa.

Seragam sekolah pintar itu telah diadopsi oleh lebih dari sepuluh sekolah di Provinsi Guizhou, Cina Barat Daya dan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

BACA JUGA: Hyundai Terapkan Mobil Berteknologi Sidik Jari

Pada saat siswa mengenakan seragam, otoritas sekolah akan menerima informasi akurat tentang keberadaan mereka, baik saat masuk hingga meninggalkan sekolah. Data yang terekam secara otomatis akan dikirim ke orang tua dan guru.

Seragam yang dibagikan terdapat dua chipset di setiap bahu, yang sanggup bertahan pada suhu hingga 150 derajat Celcius dengan 500 kali mencuci. Seragam ini juga tersemat alarm otomatis yang aktif jika siswa keluar dari sekolah tanpa izin.

Alarm bisa berdering jika siswa menukar seragam. Dasar dari pembuatan ini disebabkan penerapan privasi orang tua masing-masing siswa. Sehingga seragam ini bisa digunakan untuk menemukan anak-anak sepulang sekolah juga.

Global Times menyebutkan memungkinkan seragam ini menerapkan penggunaan teknologi pengenalan wajah (Face ID Recognize) di pintu sekolah. Sementara provider-nya adalah Perusahaan Teknologi Guizhou Guanyu.

Baca Juga

loading...