Menhub Ingatkan Angkutan Kapal Tak Lebihi Kapasitas Muatan

Hari Istiawan

Selasa, 28 Mei 2019 - 15:32

JATIMNET.COM, Surabaya – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kapal-kapal yang beroperasi melayani penumpang tidak melebihi kapasitas yang ditentukan.

“Demi alasan keselamatan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam siaran persnya di laman resmi Kemenhub, dikutip Jatimnet.com, Selasa 28 Mei 2019.

Menurut Budi, keselamatan berkaitan dengan jumlah pemudik khususnya penumpang kapal yang harus sesuai dengan izin yang diberikan oleh Dirjen Perhubungan Laut.

BACA JUGA: Menhub Sayangkan Perilaku Penumpang saat Uji Coba MRT

“Ada daftar (manifest) yang dibuat untuk mengontrol kesesuaian antara jumlah penumpang di darat dan di dalam kapal,” jelas Budi.

Selain meminta agar kapal-kapal yang beroperasi tidak melebih kapasitas yang ditentukan, Menhub juga meminta kepada Otoritas Pelabuhan dan badan usaha penyelenggara angkutan kapal memastikan ketersediaan alat-alat keselamatan di dalam kapal.

“Saya harapkan Pelni dan seluruh stakeholder dapat melaksanakan kegiatan dengan baik," ujar Menhub.

Saat meninjau Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Menhub mengatakan bahwa kondisi kapal sudah cukup bagus dan menurutnya PT Pelni akan menambah kapal dengan rute Kumai, Kalimantan Tengah ke Jawa Tengah.

BACA JUGA: Menhub Minta Kenaikan Tarif Tiket dalam Batas Wajar

Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah pada saat masa mudik tercatat menjadi pelabuhan yang dipadati masyarakat yang akan mudik ke pulau Jawa. Untuk itu, Menhub Budi melakukan peninjauan untuk memastikan bahwa semua fasilitas yang ada di pelabuhan sudah memadai.

"Kami berkunjung ke Kumai karena informasinya banyak sekali warganya itu yang pulang kampung, terutama ke Jawa Tengah. Oleh karenanya saya datang untuk memastikan fasilitas di sini baik. Kalau saya liat pelabuhannya bagus sekali sama dengan bandara di sini," jelas Menhub.

Baca Juga

loading...